Strategi Komunikasi Pemasaran Fashion Bekas/Thrift Shop Dalam Meningkatkan Penjualan Di Kota Solo
Studi Kasus Pada Toko Murda Thrift
Abstract
 Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh tren thrift yang mulai marak pada
tahun 2021 di Kota Solo. sehingga muncul berbagai toko thrift. salah satunya adalah
toko Murda Thrift yang dimulai pada tahun 2021 dengan menggunakan media
promosi Instagram dan mengikuti berbagai kegiatan untuk meningkatkan penjualan
produknya. Penelitian Bertujuan untuk menjelaskan berbagai strategi komunikasi
pemasaran yang dilakukan Murda Thrift melalui unsur 4P (Produk/Product,
Harga/Price. Tempat/Place, Promosi/Promotion). Dalam penelitian ini menggunakan
metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini strategi komunikasi
pemasaran Murda Thrift dengan menerapkan unsur 4P: 1) Produk/Product yang
dimana produk Murda Thrift lengkap dan memiliki kualitas yang unggul, 2)
Harga/Price yang ditawarkan tergolong ramah dikantong semua kalangan, 3)
Tempat/Place toko Murda Thrift strategis berada di HTC Solo Baru, 4)
Promosi/Promotion yang efektif dilakukan melalui Instagram dan Tiktok. Implikasi
atau saran dari penelitian ini adalah penelitian ini bisa dijadikan bahan untuk
meningkatkan penjualan produk Murda Thrift dengan mengembangkan promosi
secara online melalui media sosial.
Kata kunci : komunikasi pemasaran; thrifting; strategi; pakaian