Strategi Komunikasi Pemasaran Fashion Bekas/Thrift Shop Dalam Meningkatkan Penjualan Di Kota Solo (Studi Kasus Pada Toko Murda Thrift)

Studi Kasus Pada Toko Murda Thrift

Penulis

  • Diana Qusnul Atifah Universitas Slamet Riyadi
  • Nurnawati Hindra Hastuti
  • Fikriana Mahar Rizqi

Abstrak

Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh tren thrift yang mulai marak pada tahun 2021 di Kota Solo. sehingga muncul berbagai toko thrift. salah satunya adalah toko Murda Thrift yang dimulai pada tahun 2021 dengan menggunakan media promosi Instagram dan mengikuti berbagai kegiatan untuk meningkatkan penjualan produknya. Penelitian Bertujuan untuk menjelaskan berbagai strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Murda Thrift melalui unsur 4P (Produk/Product, Harga/Price. Tempat/Place, Promosi/Promotion). Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini strategi komunikasi pemasaran Murda Thrift dengan menerapkan unsur 4P: 1) Produk/Product yang dimana produk Murda Thrift lengkap dan memiliki kualitas yang unggul, 2) Harga/Price yang ditawarkan tergolong ramah dikantong semua kalangan, 3) Tempat/Place toko Murda Thrift strategis berada di HTC Solo Baru, 4) Promosi/Promotion yang efektif dilakukan melalui Instagram dan Tiktok. Implikasi atau saran dari penelitian ini adalah penelitian ini bisa dijadikan bahan untuk meningkatkan penjualan produk Murda Thrift dengan mengembangkan promosi secara online melalui media sosial.

Kata kunci : komunikasi pemasaran; thrifting; strategi; pakaian

Diterbitkan

2024-01-09

Cara Mengutip

Atifah, D. Q., Hindra Hastuti, N., & Mahar Rizqi, F. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran Fashion Bekas/Thrift Shop Dalam Meningkatkan Penjualan Di Kota Solo (Studi Kasus Pada Toko Murda Thrift): Studi Kasus Pada Toko Murda Thrift. Solidaritas, 7(2). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9298

Terbitan

Bagian

Solidaritas: Volume 2 No 3