TREND FASHION MAHASISWA SAAT PERKULIAHAN SEBAGAI PERILAKU TRENDI
(Studi Kasus Persepsi Mahasiswa Tentang Trend Fashion Saat Perkuliahan Sebagai Perilaku Trendi Di FISIP)
Abstract
Trend fashion adalah cara berpakaian yang terbaru, modern, up to date mengikuti
perkambangan zaman saat ini, juga sebagai identitas seseorang dalam mengenakan pakaian,
aksesoris, rambut ataupun make up. Trend Fashion menjadi sebuah perilaku trendi dikalangan
mahasiswa merupakan fenomena yang mempengaruhi cara mereka berpikir dan bertindak
dalam hal mode dan gaya hidup. Dalam konteks psikologi komunikasi, trend fashion memiliki
hubungan yang erat dengan bagaimana individu memproses informasi dan membuat arti dari
komunikasi yang mereka terima. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana
mahasiswa memahami dan bereaksi terhadap trend fashion saat ini dan bagaimana trend
fashion mempengaruhi perilaku dan persepsi mereka. Seberapa pentingkah bagi mahasiswa
FISIP Universitas Slamet Riyadi Surakarta dan berpengaruhkah dengan dirinya. Teori pada
penelitian ini menggunakan teori persepsi (Thoa, 2003), pada penelitian ini menggunakan jenis
penilitian deskriptif kualitatif fenomonologi yang memiliki landasan tentang sebuah fenomena
atau realita yang sedang terjadi dilapangan. Penentuan informan dalam penelitian ini
menggunakan purposive sampling, informan dalam penelitian ini merupakan 6 orang
mahasiswa dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik masing-masing Prodi 2 orang mahasiswa.
Hasil penelitian ini dengan proses persepsi yaitu dengan stimulus, registrasi, interpretasi dan
feedback atau umpan balik. menghasilkan trend fashion merupakan perilaku trendi yang
dipengaruhi oleh perkembangan zaman, sosial media, budaya, dan gaya hidup. Mahasiswa
FISIP yang menjadi bagian dari pergerakan ini dan mempengaruhi gaya berpakaian mereka
sesuai dengan trend fashion saat ini. Persepsi mahasiswa terhadap trend fashion bervariasi,
mulai dari positif, negatif, hingga netral. Penulis menyarankan kenyamanan saat memilih trend
fashion serta memastikan bahwa gaya berpakaian dan aksesoris yang dipilih membuat mereka
merasa nyaman dan tidak terlalu membebani.
Kata Kunci : Persepsi, Trend Fashion, Trendi