Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Publik Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sragen
Abstrak
Perkembangan teknologi di bidang komunikasi serta informasi memunculkan adanya sebuah media yang dirancang untuk tujuan membagikan postingan dalam bentuk foto ataupun video oleh pengguna. Salah satu media tersebut adalah Instagram, media Instagram memungkinkan penggunanya diberikan kebebasan dalam mengunggah postingan apapun yang berasal dari penggunanya yang kemudian dilihat oleh followersnya. Adanya Instagram juga memudahkan organisasi, instansi atau perusahaan dalam melakukan proses komunikasi publik guna menjaga korelasi yang baik dengan masyarakat dan membangun citra organisasi. Diskominfo Kabupaten Sragen merupakan salah satu organisasi yang menggunakan media sosial Instagram dalam proses komunikasi pada publik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan Instagram sebagai Media Komunikasi Publik pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sragen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang didapatkan melalui hasil wawancara dengan Staff Diskominfo Kabupaten Sragen, Pengelola Instagram dan followers Instagram @kominfo.sragen. Selain itu, data juga didapatkan dengan hasil observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yakni Pemanfaatan Instagram sebagai media komunikasi publik pada Diskominfo Kabupaten Sragen informatif, sudah efektif secara secara structural, namun masih kurang efektif dalam pengoperasian Instagram. Proses evaluasi dan perbaikan diperlukan supaya masyarakat dapat terus mendapat informasi terbaru dan lengkap tentang Kabupaten Sragen.
Kata Kunci : Komunikasi Publik, Instagram, Diskominfo Kabupaten Sragen