Komunikasi Interpersonal Antara Perawat Dengan Pasien ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa) Di Griya PMI Peduli Surakarta

Komunikasi Interpersonal Antara Perawat Dengan Pasien ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa) Di Griya PMI Peduli Surakarta

Authors

  • Alivia Annisa Putri Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) Surakarta
  • Nurnawati H
  • Siswanta Siswanta

Abstract

Sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa pada hakikatnya semua manusia
memiliki derajat yang sama dihadapan-Nya, termasuk kelompok Orang Dalam Gangguan
Jiwa (ODGJ). Penderita gangguan jiwa merupakan salah satu contoh kelompok manusia yang
dirugikan, yang sering mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan dalam setiap aspek
kehidupannya. Beberapa dari mereka mendapatkan bentuk diskriminasi seperti dikucilkan di
masyarakat. PMI Kota Surakarta sebagai organisasi yang mengedepankan pada nilai
kemanusiaan, membuat sebuah program kemanusiaan untuk menampung dan merawat
orang-orang dengan gangguan jiwa yang terlantar, yang ditempatkan di Griya PMI Peduli
Surakarta. Griya PMI Peduli memiliki beberapa program perawatan diantaranya kegiatan
sosial yang dibuat oleh perawat maupun relawan. Diperlukan komunikasi interpersonal antara
Perawat dengan Pasien ODGJ yang efektif untuk dapat merubah dan mempengaruhi perilaku
dan sikap Pasien ODGJ menjadi positif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
bagaimana komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh perawat dengan pasien gangguan
jiwa di Griya PMI Peduli Surakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan fakta-fakta yang ada di lapangan dengan
teknik wawancara mendalam dan observasi. Obyek penelitian ini adalah Perawat yang
bertugas di Griya PMI Peduli Surakarta. Analisis data yang digunakan adalah teori Action
Assembly dari John Greene. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal
antara perawat dengan Pasien ODGJ, berjalan secara efektif dengan tercapainya tujuan
perawat dalam proses penyembuhan dan pemulihan pasien ODGJ dengan berubahnya sikap
pasien yang lebih positif dan mau mendengarkan intruksi dari perawat.
Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, ODGJ, Perawat, Efektivitas

Downloads

Published

2023-12-11

How to Cite

Annisa Putri, A., H, N., & Siswanta, S. (2023). Komunikasi Interpersonal Antara Perawat Dengan Pasien ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa) Di Griya PMI Peduli Surakarta: Komunikasi Interpersonal Antara Perawat Dengan Pasien ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa) Di Griya PMI Peduli Surakarta. Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/8728

Issue

Section

Solidaritas: Volume 2 No 3