Komunikasi Interpersonal Antara Perawat Dengan Pasien ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa) Di Griya PMI Peduli Surakarta

Komunikasi Interpersonal Antara Perawat Dengan Pasien ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa) Di Griya PMI Peduli Surakarta

Penulis

  • Alivia Annisa Putri Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) Surakarta
  • Nurnawati H
  • Siswanta Siswanta

Abstrak

Komunikasi Interpersonal Antara Perawat Dengan

Pasien ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa)

Di Griya PMI Peduli Surakarta

Abstrak

Sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa pada hakikatnya semua manusia memiliki derajat yang sama dihadapan-Nya, termasuk kelompok Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ). Penderita gangguan jiwa merupakan salah satu contoh kelompok manusia yang dirugikan, yang sering mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan dalam setiap aspek kehidupannya. Beberapa dari mereka mendapatkan bentuk diskriminasi seperti dikucilkan di masyarakat. PMI Kota Surakarta sebagai organisasi yang mengedepankan pada nilai kemanusiaan,  membuat sebuah program kemanusiaan untuk menampung dan merawat orang-orang dengan gangguan jiwa yang terlantar, yang ditempatkan di Griya PMI Peduli Surakarta. Griya PMI Peduli memiliki beberapa program perawatan diantaranya kegiatan sosial yang dibuat oleh perawat maupun relawan. Diperlukan komunikasi interpersonal antara Perawat dengan Pasien ODGJ yang efektif untuk dapat merubah dan mempengaruhi perilaku dan sikap Pasien ODGJ menjadi positif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh perawat dengan pasien gangguan jiwa di Griya PMI Peduli Surakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan fakta-fakta yang ada di lapangan dengan teknik wawancara mendalam dan observasi. Obyek penelitian ini adalah Perawat yang bertugas di Griya PMI Peduli Surakarta. Analisis data yang digunakan adalah teori Action Assembly dari John Greene. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal antara perawat dengan Pasien ODGJ, berjalan secara efektif dengan tercapainya tujuan perawat dalam proses penyembuhan dan pemulihan pasien ODGJ dengan berubahnya sikap pasien yang lebih positif dan mau mendengarkan intruksi dari perawat.

Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, ODGJ, Perawat, Efektivitas

Diterbitkan

2023-12-11

Cara Mengutip

Annisa Putri, A., H, N., & Siswanta, S. (2023). Komunikasi Interpersonal Antara Perawat Dengan Pasien ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa) Di Griya PMI Peduli Surakarta: Komunikasi Interpersonal Antara Perawat Dengan Pasien ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa) Di Griya PMI Peduli Surakarta. Solidaritas, 7(1). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/8728

Terbitan

Bagian

Solidaritas: Volume 2 No 3