PENGARUH KONFORMITAS DAN IKLAN PADA SHOPEE FLASH SALE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKIN CARE THE BODY SHOP
PENGARUH KONFORMITAS DAN IKLAN PADA SHOPEE FLASH SALE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK SKIN CARE THE BODY SHOP
Abstract
Penelitian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif secara bersama-sama
yang signifikan konformitas dan iklan pada shopee flash sale terhadap keputusan pembelian
produk skin care the body shop. Jenis penelitian dalam skripsi ini menggunakan penelitian
kuantitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini merupakan mahasiswa Ilmu Komunikasi
UNISRI dan dilakukan secara daring melalui platform google form. Teknik pengambilan sampel
dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Adapun teknik pengumpulan yang
digunakan berupa data primer berupa kuesioner dan data sekunder berupa jurnal dan buku. Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji linieritas, uji
multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi, uji
T, dan uji F. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak 605 mahasiwa dan jumlah sampel
yang digunakan yaitu 100 mahasiswa. Adapun hasil penelitian dari skripsi ini, yaitu nilai t hitung
sebesar 4.677 dengan p-value sebesar 0.000 sehingga H1 diterima artinya terdapat pengaruh positif
yang signifikan konformitas pada shopee flash sale terhadap keputusan pembelian produk skin care
the body shop, nilai t hitung sebesar 2.580 dengan p-value sebesar 0.000 sehingga H1 diterima
artinya terdapat pengaruh positif yang signifikan iklan pada shopee flash sale terhadap keputusan
pembelian pada produk skin care the body shop, dan nilai t hitung sebesar 76.850 dengan p-value
sebesar 0.000 sehingga H1 diterima artinya terdapat pengaruh positif secara bersama-sama yang
signifikan konformitas dan iklan pada shopee flash sale terhadap keputusan pembelian pada produk
skin care the body shop.
Kata kunci: KonformitasIklanShopeeKeputusanPembelianProdukSkin