Pengaruh Intensitas Menonton Drama Korea dan Harapan Peserta Lembaga Kursus Terhadap Perilaku Berbahasa Korea
( Pengaruh Intensitas Menonton Drama Korea Series “ School†di Aplikasi VIU dan Harapan Peserta Lembaga Kursus Bahasa Korea Terhadap Penggunaan Kosa Kata Bahasa Korea Dalam Berkomunikasi Peserta LPK Korean English Center Karanganyar )
Abstract
ABSTRAK
Skripsi ini menggunakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui intensitas menonton, harapan peserta, dan perilaku berbahasa dalam hal ini penggunaan kosa kata bahasa Korea memiliki pengaruh secara positif serta mengetahui variabel mana yang berpengaruh paling dominan terhadap variabel terikat ( perilaku berbahasa ).
Jumlah sampel dalam penelitian adalah 53 responden dari peserta Lembaga Kursus LPK Korean English Center Karanganyar. Penelitian menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t dan uji determinasi.
Hasil penelitian ini diperoleh Y = -1,094 + 0,629X1 + 0,552X2 + e di mana koefisien regresi (pengaruh) variabel intensitas menonton (X1) sebesar 0,629 dan harapan peserta (X2) sebesar 0,552 dengan konstanta sebesar -1,094. Hasil pengelola data diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar R adalah 0,634.
Karena data nilai sig adalah 0,000 < 0,005 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh secara parsial intensitas menonton (X1) terhadap perilaku berbahasa (Y). Harapan peserta (X2) dengan nilai sig 0,010 < 0,005, maka Ho ditolak Ha diterima, artinya ada pengaruh secara parsial variabel harapan peserta (X2) terhadap perilaku berbahasa (Y). Jadi dapat disimpulkan bahwa intensitas menonton (X1) dan harapan peserta (X2) berpengaruh terhadap perilaku berbahasa (Y), dan intensitas menonton lebih dominan pengaruhnya.
Kata Kunci : intensitas menonton, harapan peserta, perilaku berbahasa.
ABSTRACT
This thesis use quantitative method as a purpose to determine the intensity of watching, hope of participants, and language behavior. In this matter is using Korean language vocabulary that have influence positively and to find out which variables have the most dominant effect on the dependent variable (language behavior).
The number of samples in the study were 53 respondents from students of the Korean English Center Karanganyar LPK Course Institute. The study used multiple linear regression analysis, t test and determination test.
The results of this study obtained Y = -1,094 + 0,629X1 + 0,552X2 + e where the regression coefficient (effect) of the viewing intensity variable (X1) is 0.629 and students’ expectations (X2) are 0.552 with a constant of -1,094. The results of the data management obtained the coefficient of determination (R Square) of R is 0.634.
Because the sig value data is 0.000 < 0.005 then Ho is rejected and Ha is accepted, that mean’s that there is a partial effect of watching intensity (X1) on language behavior (Y). Students' expectations (X2) with a sig value of 0.010 < 0.005, then Ho is rejected, Ha is accepted, which is mean there is influence partially the hope of participant variable (X2) toward language behavior (Y). So it can be concluded that the intensity of watching (X1) and hope of participants (X2) influence toward language behavior (Y), and the intensity of watching has the most dominant influence.
Keyword: watching intentsity, hope of participant, language behaviour.