PENERAPAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK OLEH TERAPIS PADA PASIEN ANAK PENYANDANG ADHD (ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER) DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI

(Studi di Klinik Tumbuh Kembang Anak Olan Development Center Sragen)

Penulis

  • Widy Hastuti Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Nurnawati Hindra H
  • Fikriana Mahar Rizqi

Abstrak

Pengasuhan dan pola Pendidikan yang tidak sesuai pada anak berkebutuhan khusus dapat mengakibatkan keterlambatan dan keterbatasan dalam perkembangan, terutama pada anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Salah satu penyebabnya adalah ketidakmaksimalan dalam Pendidikan, pola komunikasi, dan asuhan antara anak ADHD dan orang disekitarnya. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana terapis di Klinik Tumbuh Kembang Anak Olan Development Center Sragen menerapkan komunikasi terapeutik kepada pasien anak yang mengalami ADHD untuk meningkatkan tingkat konsentrasi mereka. Teori yang digunakan adalah teori tahapan komunikasi terapeutik oleh Stuart, G.W. penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses terapi, terapis selalu menggunakan komunikasi verbal dan non-verbal. Komunikasi verbal berupa perintah dan pujian, sedangkan komunikasi non-verbal berupa pelukan. Selanjutnya, terdapat proses komunikasi terapeutik yang dilakukan terapis yang terdiri dari tahap perkenalan, orientasi, kerja dan evaluasi. Dalam penerapannya, kurangnya sarana dan prasarana yang kurang lengkap, keterbatasan waktu dan orang tua yang kurang kooperatif menjadi hambatan yang dialami terapis ketika melakukan proses tersebut.

 

Kata Kunci : ADHD, Komunikasi Terapeutik, Terapis

Diterbitkan

2025-01-23

Cara Mengutip

Hastuti, W., Hindra H, N., & Mahar Rizqi, F. (2025). PENERAPAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK OLEH TERAPIS PADA PASIEN ANAK PENYANDANG ADHD (ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER) DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI: (Studi di Klinik Tumbuh Kembang Anak Olan Development Center Sragen). Solidaritas, 8(2). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/11375

Terbitan

Bagian

Artikel