Pola Komunikasi Orang Tua Dengan Mahasiswa Rantau Dalam Memantau Prestasi Belajar (Studi Pada Mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta Angkatan Tahun 2018)

Authors

  • Cantika Dewi Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Maya Sekar Wangi
  • Herning Suryo Sardjono

Abstract

Di dalam keluarga, orang tua memiliki kewajiban untuk memberikan dan  mendukung pendidikan anak. Keputusan anak merantau ke luar daerah untuk  melanjutkan studi menimbulkan adanya jarak tempat sekaligus jarak komunikasi  dengan orang tua. Fenomena seperti ini dialami oleh orang tua dengan mahasiswa  rantau di berbagai perguruan tinggi termasuk di Universitas Slamet Riyadi  Surakarta. Komunikasi yang dulu saat tinggal bersama dilakukan secara langsung  dan orang tua dapat memantau prestasi belajar anak setiap hari, tetapi setelah anak  merantau meninggalkan daerah asal komunikasi jarak jauh dilakukan menggunakan  perantara media sehingga orang tua tidak dapat memantau prestasi belajar  mahasiswa rantau secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola  komunikasi orang tua dengan mahasiswa rantau dalam memantau prestasi belajar  pada mahasiswa Universitas Slamet Riyadi angkatan tahun 2018. Jenis penelitian  ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi.  Penelitian ini menggunakan pola komunikasi yang dipelopori oleh Joseph A.  DeVito, yaitu pola keseimbangan (equality pattern), pola keseimbangan terbalik  (balanced split pattern), pola pemisah tidak seimbang (unbalanced split pattern), dan pola monopoli (monopoly pattern). Hasil penelitian ini menunjukan  keberagaman pola komunikasi yang terdapat pada orang tua dengan mahasiswa  rantau dalam memantau prestasi belajar, dimana pola keseimbangan memiliki unsur  keterbukaan, kejujuran, dan kesetaraan sehingga komunikasi orang tua dengan  mahasiswa rantau berjalan efektif dalam memberikan dukungan dan motivasi untuk  meningkatkan prestasi belajar. Pola keseimbangan terbalik memiliki karakteristik  dimana orang tua memberikan keleluasaan kepada mahasiswa rantau untuk  memegang kendali penuh atas pendidikan sesuai minat dan bakat sehingga dapat  menghasilkan prestasi belajar yang baik dan konsisten. Pola pemisah tidak  seimbang terdapat dominasi dari orang tua dengan memberikan peraturan dalam  pendidikan sehingga prestasi belajar yang dihasilkan sesuai dengan apa yang  diharapkan oleh orang tua. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pola komunikasi  orang tua dengan mahasiswa rantau dapat memberikan pengaruh bagi prestasi  belajar. Saran yang dapat diberikan peneliti adalah orang tua diharapkan dapat  menjalin komunikasi jarak jauh secara efektif dalam memantau, memberikan  pengarahan, dukungan, dan motivasi kepada mahasiswa rantau agar dapat  meningkatkan prestasi belajarnya.

Kata kunci : Pola Komunikasi, Mahasiswa Rantau, Prestasi Belajar

PlumX Metrics

Published

2023-01-25

How to Cite

Dewi Nagagini, C., Maya Sekar Wangi, & Herning Suryo Sardjono. (2023). Pola Komunikasi Orang Tua Dengan Mahasiswa Rantau Dalam Memantau Prestasi Belajar (Studi Pada Mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta Angkatan Tahun 2018). Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/7791