PENGARUH INFORMASI PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI LAARIN BEAUTYCARE
Abstract
ABSTRAK
Laarin BeautyCare merupakan sebuah klinik kecantikan yang terbilang baru berdiri tetapi mampu menggundang banyak konsumen yang datang. Untuk terus meningkatkan kepuasan konsumen, banyak hal yang perlu diperhatikan seperti informasi produk yang lebih beragam dan kualitas pelayanan yang lebih bersahabat. Dalam penelitian ini penulis akan menganalisis informasi produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Laarin BeautyCare dengan menggunakan jenis penelitian kuantitaf dengan jumlah responden sebanyak 85 konsumen. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh infromasi produk terhadap kepuasan konsumen di Laarin Beautycare berpengaruh positif karena diperoleh nilai thitung sebesar 2,348 dengan p-value sebesar 0,021<0,05 maka H1 diterima. Kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Laarin BeautyCare berpengaruh positif karena diperoleh nilai thitung sebesar 9,204 dengan p-value sebesar 0,000<0.05 maka H2 direrima.
Kata Kunci :Informasi Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen
ABSTRACT
Laarin BeautyCare is a beauty clinic that is relatively new but is able to attract many customers who come. To continuously improve customer satisfaction, there are many things that need to be considered, such as more diverse product information and friendlier service quality. In this study the author will analyze product information and service quality on consumer satisfaction at Laarin BeautyCare by using a quantitative research type with a total of 85 consumers as respondents. Data collection techniques using a questionnaire. The data analysis technique used simple linear regression analysis. The results showed that the effect of product information on consumer satisfaction at Laarin Beautycare had a positive effect because the t-value was 2.348 with a p-value of 0.021 <0.05, so H1 was accepted. Service quality on customer satisfaction at Laarin BeautyCare has a positive effect because the t-value is 9.204 with a p-value of 0.000 <0.05, so H2 is accepted.
Keywords: Product Information, Service Quality, Customer Satisfaction