STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN COFFEE SHOP "THAMRIN COFFEE" MELALUI BAURAN PEMASARAN

Authors

  • Restu Ambaraningrum

Abstract

ABSTRAK

 

Dengan banyak nya persaingan bisnis di Indonesia, banyak pebisnis yang harus memikirkan pentingnya strategi komunikasi pemasaran dalam memasarkan produk dan jasa nya. Thamrin Coffee adalah Coffee shop yang bisa dibilang muda di kota Surakarta ini harus bersaing dengan pasar yang kompetitif untuk menarik minat konsumen dengan strategi yang berbeda serta daya tarik yang berbeda dengan coffee shop yang lain, dibutuhkan strategi yang tepat dalam upaya nya menarik dan meningkatkan jumlah konsumen. Oleh karena itu, Thamrin Coffee telah menerapkan beberapa strategi komunikasi dalam mempromosikan dan mengenalkan produk nya kepada masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi strategi komunikasi pemasaran dengan marketing mix pada Thamrin Coffee, dengan melihat aspek bauran produk, harga, promosi dan tempat. Hal ini untuk mengetahui kekuatan dari Thamrin Coffee dengan menggunakan teori 4P untuk menarik minat konsumen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah teori bauran pemasaran 4P di cafe Thamrin Coffee,sudah dilaksanakan dengan baik. Hal itu menunjukkan Thamrin Coffee berada pada bauran produk/menu yang beragam dan bervariasi tidak hanya menu kopi saja. Thamrin Coffee juga melakukan pengembangan inovasi produk dengan membuat menu seasoning setiap bulannya. Penetapan harga juga sudah baik berdasarkan harga pasaran dengan mematok harga yang tidak terlalu tinggi. Thamrin Coffee sendiri sudah berada di tempat yang strategis karena berada di tengah kota, selain itu juga dekat dengan sekolah-sekolah, fasilitasnya juga sangat memadai dan  nyaman. Promosi yang dilakukan oleh Thamrin Coffee untuk menarik konsumen melalui media sosial seperti instagram, platform youtube channel, sejumlah promosi penjualan dengan menjalin banyak kerjasama dengan komunitas2 sama anak2 band, komunitas sepeda, komunitas hewan. Berdasarkan hasil keseluruhan hasil penelitian, diharapkan Thamrin coffee melakukan inovasi selalu menjaga kualitas citra rasa yang sudah memiliki ciri khas tersendiri, meningkatkan pula sumber daya manusia (seperti barista, waiter/waitress) dan menjaga promosi melalui media social agar terus aktif dan semakin dikenal masyarakat

Kata kunci : strategi komunikasi, pemasaran, marketing mix

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

With a lot of business competition in Indonesia, many business people have to think about the importance of marketing communication strategies in marketing their products and services. Thamrin Coffee is a coffee shop that is arguably young in the city of Surakarta, it must compete with a competitive market to attract consumers with different strategies and different attractions from other coffee shops, it takes the right strategy in its efforts to attract and increase the number of consumers . Therefore, Thamrin Coffee has implemented several communication strategies in promoting and introducing its products to the public. The purpose of this study is to identify a marketing communication strategy with the marketing mix at Thamrin Coffee, by looking at the aspects of the product mix, price, promotion and place. This is to find out the strength of Thamrin Coffee by using the 4P theory to attract consumer interest. This study uses a qualitative research type. The data in this study were obtained from observations, interviews and documentation. The results obtained in this study are the theory of the 4P marketing mix at the Thamrin Coffee cafe, which has been implemented well. This shows that Thamrin Coffee is in a diverse and varied product/menu mix, not just the coffee menu. Thamrin Coffee also develops product innovations by making seasoning menus every month. Pricing is also good based on market prices by fixing prices that are not too high. Thamrin Coffee itself is in a strategic place because it is in the middle of the city, besides that it is also close to schools, the facilities are also very adequate and comfortable. Promotions carried out by Thamrin Coffee to attract consumers through social media such as Instagram, the YouTube channel platform, a number of sales promotions by establishing many collaborations with communities with band children, bicycle communities, and animal communities. Based on the overall results of the research, it is expected that Thamrin coffee will innovate always maintain the quality of the taste image that already has its own characteristics, also increase human resources (such as baristas, waiters/waitresses) and maintain promotions through social media so that they continue to be active and increasingly known to the public

Keywords: communication strategy, marketing, marketing mix

Published

2022-05-20

How to Cite

Ambaraningrum, R. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN COFFEE SHOP "THAMRIN COFFEE" MELALUI BAURAN PEMASARAN. Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 5(2). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/6601

Issue

Section

Solidaritas: Volume 2 No 1