ANALISIS AKTIVITAS PROMOSI PRODUK WILDTRACK APPAREL
Abstrak
Penelitian ini di latarbelakangi oleh fenomena ketidakmampuan beberapa industri
kreatif dalam memaksimalkan kecapakan sumber daya manusia dan pemanfaatan media
komunikasi dalam mendukung aktivitas promosi pada perusahaannya. Tujuan dari penelitian
ini yaitu untuk menganalisis aktivitas promosi produk Wildtrack Apparel. Penelitian ini
menggunakan teori promosi menurut Kotler dan Armstrong sebagai acuan penelitian dengan
menggunakan metode penelitian kualitatif deskripstif. Teknik pengambilan sampel dilakukan
dengan dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi terhadap
aktivitas promosi produk Wildtrack Apparel, wawancara bersama owner, marketing, karyawan
dan konsumen serta dokumentasi yang berkaitan dengan aktivitas promosi perusahaan. Teknik
uji validitas yang digunakan peneliti yaitu triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa aktivitas promosi produk Wildtrack Apparel, didalamnya
memuat penerapan buaran pemasaran (promotion mix) dengan pendekatan komunikasi yang
memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan pendekatan hubungan sosial untuk
membangun citra perusahaan secara positif sehingga mampu meningkatkan penjualan produk
Wildtrack Apparel. Dengan demikian, maka aktivitas promosi yang dilakukan oleh Wildtrack
Apparel telah mampu memperkuat jalinan komunikasi dengan konsumen untuk memasarkan
produk dan meningkatkan penjualan produk Wildtrack Apparel secara optimal.
Kata kunci: Aktivitas Promosi, Produk


