STRATEGI MANAJEMEN KONTEN AKUN INSTAGRAM @KORANSOLOPOS DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DI ERA DIGITAL OLEH TIM MEDIA SOSIAL SOLOPOS MEDIA GROUP
Abstrak
Perkembangan era digital membawa perubahan signifikan dalam industri media, terutama media cetak yang mengalami tantangan dalam mempertahankan eksistensi. Solopos Media Group sebagai salah satu media cetak lokal di Indonesia melakukan transformasi menuju media digital dengan memanfaatkan berbagai platform salah satunya Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi manajemen konten akun Instagram @koransolopos dalam menjaga eksistensinya di tengah persaingan industri media pada era digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan teori 4C oleh Chris Heuer. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi partisipatif, serta analisis dokumen. Tim media sosial Solopos berfokus pada pembuatan konten yang relevan dengan audiens usia 19-34 tahun dengan memakai format seperti infografis, reels, dan carousel serta memanfaatkan data analitik seperti Meta dan strategi A/B Testing untuk mengevaluasi keberhasilan konten.
Kata kunci: manajemen media sosial, instagram, eksistensi, digital, teori 4C


