HUBUNGAN TERPAAN MEDIA SOSIAL APLIKASI RUANGGURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI DI SD NEGERI 2 TAHUNAN

Penulis

  • Kiki Shalsa Della Putri Mahasiswa
  • Maya Sekar Wangi Mahasiswa, Universitas Slamet Ryadi Surakarta
  • Lukas Maserona Sarungu

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan terpaan media sosial Aplikasi Ruangguru motivasi belajar siswa kelas VI di SD Negeri 2 Tahunan. Pada penelitian ini menggunakan teori new media (media baru) dalam penelitian tentang hubungan terpaan media sosial Aplikasi Ruangguru terhadap motivasi belajar siswa kelas VI di SD Negeri 2 Tahunan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kuantitatif. Dimana pengumpulannya menggunakan angket atau kuesioner. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah murid kelas VI SD Negeri 2 Tahunan berjumlah 30 siswa (responden). Teknik analisis ini menggunakan spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel hubungan terpaan media sosial Aplikasi Ruangguru secara simultan berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas VI di SD Negeri 2 Tahunan. Variabel hubungan terpaan media sosial Aplikasi Ruangguru secara parsial berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas VI. Dimana dinilai t hitung sebesar 4,310 dengan X sebesar 0,001<0,05 maka H1 diterima. Artinya diketahui bahwa adanya hubungan yang diberikan oleh Aplikasi Ruangguru (X) terhadap variabel terikat (Y) pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Tahunan.

Kata kunci: Terpaan media, Aplikasi, Ruangguru, motivasi belajar.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-05

Cara Mengutip

Della Putri, K. S., Sekar Wangi, M., & Maserona Sarungu, L. (2025). HUBUNGAN TERPAAN MEDIA SOSIAL APLIKASI RUANGGURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI DI SD NEGERI 2 TAHUNAN. Solidaritas, 9(1). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/12208

Terbitan

Bagian

Solidaritas Vol 1