STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN WEDRINK SOLOBARU MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN

Penulis

  • Sekar Kinasih
  • Andri Astuti Itasari
  • Dewi Maria Herawati

Abstrak

ABSTRAK

            Strategi komunikasi pemasaran (promosi) sangat penting untuk mencapai tujuan perusahaan. Wedrink Solobaru, sebagai bisnis franchise food & beverage pendatang baru, bersaing dengan merek lain seperti Mixue dan Momoyo di Kota Solo. Setiap pelaku bisnis memiliki strategi untuk menarik dan meningkatkan kepuasan konsumen. Meskipun baru, Wedrink Solobaru mengalami kemajuan pesat dengan peningkatan jumlah pengunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran Wedrink Solobaru melalui Instagram dalam meningkatkan kepuasan konsumen. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, menggunakan data primer dari wawancara dan observasi, serta data sekunder dari dokumen, buku, dan jurnal. Teknik pengambilan data menggunakan purposive sampling, dengan kredibilitas diuji melalui triangulasi. Analisis dilakukan menggunakan metode Miles dan Huberman, mencakup pengumpulan, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran Wedrink Solobaru, melalui bauran pemasaran 4P dan bauran komunikasi pemasaran, berhasil meningkatkan kepuasan konsumen. Namun, dalam hal advertising, ketidaksesuaian produk yang diterima dengan konten periklanan masih menyebabkan ketidakpuasan.

Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, Instagram, Kepuasan Konsumen

 

Diterbitkan

2025-01-23

Cara Mengutip

Kinasih, S., Itasari, A. A., & Herawati, D. M. (2025). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN WEDRINK SOLOBARU MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN. Solidaritas, 8(2). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/11525

Terbitan

Bagian

Artikel