STRATEGI KOMUNIKASI HOST LIVE PADA AKUN @RICISM_ DALAM MEMANFAATKAN FITUR LIVE TIKTOK SEBAGAI DAYA TARIK AUDIENS

Penulis

  • Tri Mega Handayani Universitas Slamet Riyadi
  • Herning Suryo
  • Muadz Muadz

Abstrak

Kemajuan teknologi telah mengubah cara orang berperilaku, termasuk dalam penggunaan media sosial Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana strategi komunikasi host live pada akun TikTok @Ricism_ menggunakan fitur live TikTok untuk menarik dan mempertahankan audiensnya. Host live memiliki peran penting dalam menjaga keterlibatan penonton selama siaran langsung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan informan yang merupakan pengikut @Ricism_ yang memenuhi kriteria tertentu. Teori Laswell serta model SMCRE (Source, Message, Channel, Receiver, Effect) Penelitian ini mengungkapkan bahwa TikTok berfungsi sebagai saluran efektif untuk siaran langsung, dengan host live yang memiliki keahlian dan kredibilitas yang jelas mudah di pahami dan topik pembahahasan tidak monoton dalam menyampaikan pesan. Hasil analisis menunjukan bahwa strategi komunikasi yang diterapkan oleh host live @Ricism_ dapat meningkatkan daya tarik audiens karena dengan gaya penyampaian dan pemilihan topik yang spontan dan fleksibel membuat para audiens tertarik hingga akhirnya memberikan Tindakan perubahan perilaku yaitu dengan memberi gift, komentar, hingga like pada fitur live streaming yang di tersedia di tiktok.

Diterbitkan

2025-01-23

Cara Mengutip

Handayani, T. M., Suryo, H., & Muadz, M. (2025). STRATEGI KOMUNIKASI HOST LIVE PADA AKUN @RICISM_ DALAM MEMANFAATKAN FITUR LIVE TIKTOK SEBAGAI DAYA TARIK AUDIENS. Solidaritas, 8(2). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/11488

Terbitan

Bagian

Artikel