STRATEGI PUBLIC RELATIONS MEMPERTAHANKAN CITRA POSITIF

(STUDY KASUS PADA FADJAR STUDIOS PEMBUATAN STEMPEL DI SURAKARTA)

Penulis

  • David Dwiki Kurniawan
  • Herning Suryo
  • Sihabuddin Sihabuddin

Abstrak

Fadjar Studios merupakan jasa fasilitas manajemen service. Tujuan utama usaha bisnis dalam melakukan strategi rublic relations mempertahankan citra positif yaitu dengan melakukan program-program untuk mencapai kinerja perusahaan dimana Fadjar Studios dengan membuat pembaharuan yang kami sebarkan secara langsung maupun melalui media online supaya mendapatkan citra positif dari masyarakat. Berdasarkan permasalahan tersebut terdapat pernyataan yaitu : Bagaimana strategi public relations dalam mempertahankan citra positif Fadjar Studios, serta langkah pengumpulan data, perencanaan, aksi dan komunikasi, dan evaluasi. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah pendekatan kualitatif, karena peneliti ingin mengetahui strategi yang dilakukan oleh public relations Fadjar Studios dalam mempertahankan citra perusahaan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teori yang digunakan adalah teori public relations Cutlip, Center, dan Broom (2005: 268). Dalam teori ini menjelaskan empat langkah proses manajemen public relations,yaitu: Pengumpulan Data Perencanaan, Komunikasi, dan Evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan dalam mempertahankan citra positif, Fadjar Studios menjalankan proses mendefinisikan problem menggunakan data dan informasi. Proses perencanaan menggunakan penyusunan yang sistematik. Proses pelaksanaan dijalankan sesuai rencana yang sudah disusun. Proses evaluasi dilakukan setelah pelaksanaan selesai. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa public relations menerapkan strategi dalam mempertahankan citra positif. Langkah-langkah yang dilakukan juga sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Kata kunci : Strategi, Public Relations, Citra, Fadjar Studios

Diterbitkan

2025-01-23

Cara Mengutip

Dwiki Kurniawan, D., Suryo, H., & Sihabuddin, S. (2025). STRATEGI PUBLIC RELATIONS MEMPERTAHANKAN CITRA POSITIF: (STUDY KASUS PADA FADJAR STUDIOS PEMBUATAN STEMPEL DI SURAKARTA). Solidaritas, 8(2). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/11486

Terbitan

Bagian

Artikel