POLA KOMUNIKASI PEMIMPIN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA KARYAWAN DIVISI MARKETING CV. MEDIA AGUNG SURAKARTA

Penulis

  • Adi Nugroho adinugroho00
  • Maya Sekar Wangi
  • Siswanta Siswanta

Abstrak

Pola komunikasi yang baik dan benar diperlukan seorang pemimpin. Dalam hal ini, kerja sama akan berjalan dengan baik. Komunikasi yang dilakukan pemimpin harus dapat berbentuk instruksi atau masukan saran, perintah, nasehat maupun kritikan yang sifatnya membangun. Sering terjadinya miss-communication antara pemimpin dengan bawahan, dapat berpengaruh terhadap motivasi kerja karyawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi yang diterapkan pemimpin dalam meningkatkan motivasi kerja karyawan pada Divisi Marketing CV. Media Agung Surakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara observasi, data dari dalam perusahaan, jurnal, dan studi literatur. Analisis data dilakukan menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Proses analisis data dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada Divisi Marketing CV. Media Agung Surakarta menggunakan pola komunikasi rantai, selain itu ada hambatan yang terjadi yaitu adanya miss-communication antara pemimpin dengan staff lapangan dalam melaksanakan pekerjaannya, sehingga hal tersebut berpengaruh terhadap motivasi kerja karyawan.

Kata Kunci: Pola Komunikasi, Kepemimpinan, dan Motivasi Kerja

Diterbitkan

2025-01-23

Cara Mengutip

Nugroho, A., Wangi, M. S., & Siswanta, S. (2025). POLA KOMUNIKASI PEMIMPIN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA KARYAWAN DIVISI MARKETING CV. MEDIA AGUNG SURAKARTA. Solidaritas, 8(2). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/11483

Terbitan

Bagian

Artikel