PENGELOLAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN PANIC ARTWORK

Penulis

  • Abram Widya Karisma Putra abramputra55
  • Buddy Riyanto
  • Siswanta Siswanta

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya jumlah pelanggan Panic Artwork. Hal ini dapat dilihat dari kurangnya promosi yang dilakukan di Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi dalam memanfaatkan akun Instagram Panic Artwork sebagai media promosi dalam meningkatkan jumlah pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Panic Artwork secara efektif menggunakan Instagram sebagai media promosi melalui berbagai fitur seperti  postingan  visual, reels, dan Instagram Ads, meskipun pemanfaatan iklan masih terbatas. Selain itu, analisis menggunakan teori AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) menunjukkan bahwa Instagram berhasil menarik perhatian audiens, membangkitkan minat, menciptakan keinginan, dan mendorong tindakan pembelian melalui strategi konten yang konsisten dan interaktif. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa faktor yang menyebabkan penurunan jumlah pelanggan, seperti kurangnya promosi yang konsisten dan perubahan algoritma Instagram. Temuan ini memberikan wawasan bagi Panic Artwork untuk lebih mengoptimalkan penggunaan Instagram dalam upaya meningkatkan jumlah pelanggan mereka.

 

Kata Kunci: teori AIDA, Komunikasi Pemasaran, Instagram, Panic Artwork, media sosial.

Diterbitkan

2025-01-23

Cara Mengutip

Karisma Putra, A. W., Riyanto, B., & Siswanta, S. (2025). PENGELOLAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN PANIC ARTWORK. Solidaritas, 8(2). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/11470

Terbitan

Bagian

Artikel