STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TAMAN BALEKAMBANG DALAM MENARIK WISATAWAN SEBAGAI DESTINASI WISATA BUDAYA DI KOTA SOLO

Penulis

  • Wahyu Ardianto Putro Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Herning Suryo Sardjono

Abstrak

Indonesia memiliki kekayaan alam dan budaya yang dapat dimanfaatkan sebagai daya tarik wisata. Salah satu destinasi wisata budaya yang menarik di Kota Solo adalah Taman Balekambang, yang merupakan wisata hutan kota dan juga sebuah kawasan cagar budaya. Namun, dalam upaya menarik wisatawan, promosi sebelumnya Taman Balekambang masih kurang optimal, terutama dalam pemanfaatan media digital. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh Taman Balekambang guna meningkatkan daya tariknya sebagai destinasi wisata budaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakuan Taman Balekambang ini melalui iklan di Instagram dan media konvensional, promosi penjualan dengan variasi harga tiket dan fasilitas baru, serta hubungan masyarakat melalui kerjasama dengan pemerintah, komunitas lokal, dan influencer. Publisitas dilakukan melalui artikel media, dan pemasaran langsung dilakukan melalui acara khusus seperti Sendratari Ramayana. Meski terdapat kendala dalam pelaksanaan strategi ini adalah keterbatasan anggaran dan tantangan dalam perilaku masyarakat. Strategi yang diterapkan ini cukup efektif dalam menarik wisatawan yang berkunjung dan mencapai sebagian tujuannya. Evaluasi dan penyesuaian terhadap strategi ini diharapkan dapat meningkatkan citra dan daya tarik Taman Balekambang sebagai destinasi wisata budaya yang unggul di Kota Solo.

Kata kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, Taman Balekambang, Wisata, Budaya, Promosi.

Diterbitkan

2025-01-23

Cara Mengutip

Putro, W. A., & Suryo Sardjono, H. (2025). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TAMAN BALEKAMBANG DALAM MENARIK WISATAWAN SEBAGAI DESTINASI WISATA BUDAYA DI KOTA SOLO. Solidaritas, 8(2). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/11463

Terbitan

Bagian

Artikel