KOMUNIKASI PEMASARAN WAHANA CIPTA SINATRIA DALAM MENDUKUNG DESA WISATA SUMBERBULU, KECAMATAN MOJOGEDANG, KABUPATEN KARANGANYAR

Penulis

  • Valentino Bimo Raharjo Universitas Slamet Riyadi
  • Haryo Kusumo Aji
  • Estu Widiyowati

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan
mengenai komunikasi pemasaran dari Homestay Wahana Cipta Sinatria (WCS)
terhadap Desa Wisata Sumberbulu. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan
metode deskriptif kualitatif untuk memahami fenomena dan memperoleh data
mendalam secara holistik mengenai komunikasi pemasaran Homestay Wahana
Cipta Sinatria terhadap Desa Wisata Sumberbulu melalui penerapan IMC
(Integrated Marketing Communication) oleh Schultz. Teknik pengumpulan data
melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis
penelitian, Wahana Cipta Sinatria (WCS) melakukan komunikasi pemasaran
secara terpadu atau IMC (Integrated Marketing Communication), meliputi
advertising, sales promotion, personal selling, public relation, direct marketing.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Wahana Cipta Sinatria (WCS) menerapkan
komunikasi pemasaran IMC (Integrated Marketing Communication), meliputi
penggunaan media sosial seperti WhatsApp, Instagram dan Facebook dalam
melakukan promosi, berinteraksi langsung kepada pengunjung melalui personal
selling, membangun aktivitas public relations dalam kegiatan pemasaran dan
sponsorship serta melakukan pemasaran langsung untuk menumbuhkan
kepercayaan dan umpan balik.

Diterbitkan

2025-01-23

Cara Mengutip

Raharjo, V. B., Kusumo Aji, H., & Widiyowati, E. (2025). KOMUNIKASI PEMASARAN WAHANA CIPTA SINATRIA DALAM MENDUKUNG DESA WISATA SUMBERBULU, KECAMATAN MOJOGEDANG, KABUPATEN KARANGANYAR. Solidaritas, 8(2). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/11417

Terbitan

Bagian

Artikel