KOMUNIKASI PEMASARAN SENTANA ART DALAM MEMPROMOSIKAN DAN MENJUAL PRODUK ALAT MUSIK KE MANCANEGARA
Abstrak
Sentana Art adalah perusahaan pengrajin alat musik yang kurang mendapatkan apresiasi dan tidak mendapat pasar yang tepat Indonesia, dikarenakan keterbatasan sumber daya manusia dan kurangnya ketersediaan bahan mentah sehingga tidak dapat memenuhi permintaan pasar Indonesia. Oleh karena itu Sentana Art melakukan kegiatan pemasaran di mancanegara karena memiliki visi dan misi dalam pelestarian budaya Indonesia. Sentana Art melakukan kegiatan pemasaran dengan rangkaian acara pementasan musik di berbagai belahan negara di dunia. Penelitian bertujuan untuk ini mendeskripsikan kegiatan komunikasi pemasaran Sentana Art dalam mempromosikan dan menjual produknya ke mancanegara. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan penentuan informan melalui purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teori elemen komunikasi pemasaran terpadu dari Kotler & Keller. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode Miles & Hubberman. Hasil penelitian ini yakni komunikasi pemasaran Sentana Art dengan rangkaian acara dari pementasan musik, pameran, workshop, press conference, serta karya digital, dengan melalui Acara & Sponsor (Event & Sponsorship). Humas dan Publisitas (Public Relation & Publisity). Pemasaran interaktif (Interactive Marketing). Penjualan perorangan (Personal Selling). Pemasaran dari mulut ke mulut (Word of Mouth Marketing) dengan feedback dan rekomendasi dari pengunjung atas rangkaian acara pementasan musik yang digelar. Hasil dari komunikasi pemasaran yang dilakukan dengan terjualnya semua produk di mancanegara, serta juga mendapatkan banyak tawaran hubungan kerja serta kolaborasi pementasan musik untuk diikuti.
Kata Kunci : Komunikasi pemasaran, Elemen Komunikasi Pemasaran Terpadu, Pementasan musik, Penjualan Produk, Hubungan Kerja