AKUN MEDIA SOSIAL X WALI KOTA GIBRAN RAKABUMING SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PENGADUAN MASYARAKAT

(Studi Kasus Tanggapan Masyarakat Kota Surakarta Sebagai Followers Akun X @gibran_tweet Dalam Merespon Pengaduan Masyarakat)

Penulis

  • Tri Vena Devinka Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Buddy Riyanto
  • Lukas Maserona

Abstrak

Tujuan Penelitian: untuk mengetahui tanggapan masyarakat Kota Surakarta sebagai followers pada akun media sosial X @gibran_tweet dalam kecepatan merespon pengaduan Masyarakat Kota Surakarta. Metode Penelitian: Penelitian ini bersifat deskriptif dengan Analisa kualitatif. Teknik pengumpulan: data dilakukan dengan cara wawancara terhadap followers dari akun Wali Kota Gibran Rakabuming @gibran_tweet. Teori Penelitian: penelitia ini terdapat beberapa teori komunikasi dan sosial. Teori positif terjadi ketika harapan dan kebutuhan masyarakat terpenuhi melalui respon yang cepat dan relevan, sesuai dengan teori komunikasi dua arah dan uses and gratifications. sebaliknya, tanggapan negatif muncul katika harapan masyarakat tidak terpenuhi atau respon dianggapn tidak serius, sesuai dengan teori espektasi-valensi dan teori pengaruh sosial. Hasil Penelitian: menunjukan bahwa terdapat komunikasi dua arah, komunikasi yang efektif terjadi ketika ada interaksi timbal balik antara pengirim pesan dari akun @gibran_tweet dan penerima pesan yaitu followers yang merupakan masyarakat Surakarta. Memberikan dua indikator tanggapan yaitu tanggapan positif muncul ketika harapan dan kebutuhan dikalangan masyarakat terpenuhi melalui respon yang cepat dan relevan, sedangkan tanggapan negatif muncul ketika respon tidak terpenuhi dan respon dianggap tidak serius. Dengan begitu menjelaskan dinamika interaksi antara Walikota Surakarta dengan masyarakat Surakarta melalui media sosial X.

Diterbitkan

2025-01-23

Cara Mengutip

Devinka, T. V., Riyanto, B., & Maserona, L. (2025). AKUN MEDIA SOSIAL X WALI KOTA GIBRAN RAKABUMING SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PENGADUAN MASYARAKAT: (Studi Kasus Tanggapan Masyarakat Kota Surakarta Sebagai Followers Akun X @gibran_tweet Dalam Merespon Pengaduan Masyarakat). Solidaritas, 8(2). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/11357

Terbitan

Bagian

Solidaritas Vol 1