STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TSHIRTTOKOH DALAM MEMBANGUN KESADARAN MEREK

Penulis

  • Sherliana Kurniawati Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Slamet Riyadi
  • Maya Sekar Wangi
  • Muadz Muadz

Abstrak

Tshirttokoh merupakan brand clothing line asal solo yang memanfaatkan isu-isu sosial dan politik untuk dijadikan sebuah desain pada produknya. Adapun tujuan penelitian ini dilakukan guna mengetahui Bagaimana strategi komunikasi pemasaran Tshirttokoh dalam membangun kesadaran merek. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi dan wawancara. Dalam mengumpulkan data, peneliti melakukan wawancara terhadap owner perusahaan, karyawan sebagai designer, wawancara bersama konsumen Tshirttokoh, serta melakukan survei melalui kuesioner dengan tujuan mengukur tingkatan brand awareness . Berdasarkan hasil analisis penelitian, owner Tshirttokoh melakukan strategi komunikasi pemasaran dalam membangun kesadaran merek yaitu dengan kegiatan sales promotion (promosi penjualan), direct marketing (pemasaran langsung), event and experiences (pengalaman acara), word of mouth marketing (komunikasi pemasaran dari mulut ke mulut). Kesimpulan dari penelitian ini adalah dianalisis melalui konsep IMC (Integrated Marketing Communication), pada strategi komunikasi pemasaran Tshirttokoh ditemukan alat pemasaran yang mampu membangun kesadaran merek pada tingkatan brand recognition, yakni word of mouth marketing. Kedepannya diharapkan Tshirttokoh bisa mencapai puncak tingkatan kesadaran merek top of mind.

 

Kata Kunci         : Strategi Komunikasi Pemasaran, Kesadaran Merek, Tshirttokoh

Diterbitkan

2025-01-23

Cara Mengutip

Kurniawati, S., Sekar Wangi, M., & Muadz, M. (2025). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TSHIRTTOKOH DALAM MEMBANGUN KESADARAN MEREK. Solidaritas, 8(2). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/11231

Terbitan

Bagian

Artikel