STRATEGI PENYIARAN RADIO METTA SOLO FM DALAM MEMPERTAHANKAN PENDENGAR GENERASI MILENIAL PADA PROGRAM CLUB 90’S

Penulis

  • Yesika Amanda Febriani Universitas Slamet Riyadi
  • Buddy Riyanto
  • Haryo Kusumo Aji

Abstrak

Penelitian ini membahas mengenai Strategi Penyiaran Radio Metta Solo Fm dalam Mempertahankan Pendengar Generasi Milenial pada Program Club 90’s. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan dianalisis dengan menggunakan teori Strategi Pemrograman oleh Susan Tyler Eastman. Sumber data terdiri dari data primer yaitu wawancara dan observasi, serta data sekunder yaitu dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi kesesuaian yaitu dengan penentuan jadwal siaran dengan aktivitas sehari - hari yang dilakukan oleh masyarakat. (2) Strategi pembentukan kebiasaan dengan cara menjadwalkan program siaran serta adanya penyiar khusus agar pendengar terbiasa dengan gaya siaran penyiar tersebut. (3) Strategi kontrol aliran audiens dengan menyajikan lagu favorit pendengar dan memenuhi request pendengar, serta melakukan pengawasan dan evaluasi. (4) Strategi konservasi sumber daya program dengan menyimpan dan menggunakan kembali suatu program acara yang pernah ada namun dengan format yang berbeda. (5) Strategi daya penarik massa dengan mengadakan wawancara dengan artis era 90an dan mengadakan kuis untuk pendengar.

Kata kunci: strategi penyiaran, radio, club 90’s

Diterbitkan

2025-01-23

Cara Mengutip

Febriani, Y. A., Riyanto, B., & Aji, H. K. (2025). STRATEGI PENYIARAN RADIO METTA SOLO FM DALAM MEMPERTAHANKAN PENDENGAR GENERASI MILENIAL PADA PROGRAM CLUB 90’S. Solidaritas, 8(2). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/10882

Terbitan

Bagian

Artikel