PENGARUH DAYA TARIK IKLAN DAN BRAND AMBASSADOR BTS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA PADA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI 2019 UNIVERSITAS SLAMET RIYADI SURAKARTA

PENGARUH DAYA TARIK IKLAN DAN BRAND AMBASSADOR BTS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA PADA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI 2019 UNIVERSITAS SLAMET RIYADI SURAKARTA

Penulis

  • Ria Ardila Indah Amelia Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Nurnawati Hindra H
  • Andri Astuti I

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi terpaan pengaruh iklan dan

brand ambassador BTS terhadap keputusan pembelian pada marketplace

Tokopedia pada mahasiswa ilmu komunikasi 2019 Universitas Slamet Riyadi

Surakarta. Jenis penelitian ini adalah eksplanatif, dengan pengumpulan dengan

kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Slamet

Riyadi Surakarta prodi ilmu komunikasi angkatan 2019 yang berjumlah 196,

sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden.

Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian

menunjukkan bahwa variabel terpaan pengaruh iklan dan brand ambassador BTS

berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada marketplace

Tokopedia pada mahasiswa ilmu komunikasi 2019 Universitas Slamet Riyadi

Surakarta. Hasil uji t diperoleh nilai dari thitung sebesar 3,433 dengan p-value sebesar

0,001. Hasil uji t diperoleh nilai dari thitung sebesar 4,069 dengan p value 0,000. Nilai

F hitung sebesar 9,911 dengan p-value sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga dapat

disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan terpaan pengaruh iklan (X1) dan brand

ambassador marketplace tokopedia (X2) terhadap variabel dependen keputusan

pembelian (Y).

Kata kunci : Terpaan Pengaruh Iklan, Brand Ambassador, Keputusan Pembelian.

Diterbitkan

2024-05-22

Cara Mengutip

Indah Amelia, R. A., Hindra H, N., & Astuti I, A. (2024). PENGARUH DAYA TARIK IKLAN DAN BRAND AMBASSADOR BTS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA PADA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI 2019 UNIVERSITAS SLAMET RIYADI SURAKARTA: PENGARUH DAYA TARIK IKLAN DAN BRAND AMBASSADOR BTS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA PADA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI 2019 UNIVERSITAS SLAMET RIYADI SURAKARTA. Solidaritas, 8(1). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/10652

Terbitan

Bagian

Artikel