PENGARUH DAYA TARIK IKLAN DAN BRAND AMBASSADOR BTS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA PADA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI 2019 UNIVERSITAS SLAMET RIYADI SURAKARTA
PENGARUH DAYA TARIK IKLAN DAN BRAND AMBASSADOR BTS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA PADA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI 2019 UNIVERSITAS SLAMET RIYADI SURAKARTA
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi terpaan pengaruh iklan dan
brand ambassador BTS terhadap keputusan pembelian pada marketplace
Tokopedia pada mahasiswa ilmu komunikasi 2019 Universitas Slamet Riyadi
Surakarta. Jenis penelitian ini adalah eksplanatif, dengan pengumpulan dengan
kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Slamet
Riyadi Surakarta prodi ilmu komunikasi angkatan 2019 yang berjumlah 196,
sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden.
Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa variabel terpaan pengaruh iklan dan brand ambassador BTS
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada marketplace
Tokopedia pada mahasiswa ilmu komunikasi 2019 Universitas Slamet Riyadi
Surakarta. Hasil uji t diperoleh nilai dari thitung sebesar 3,433 dengan p-value sebesar
0,001. Hasil uji t diperoleh nilai dari thitung sebesar 4,069 dengan p value 0,000. Nilai
F hitung sebesar 9,911 dengan p-value sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan terpaan pengaruh iklan (X1) dan brand
ambassador marketplace tokopedia (X2) terhadap variabel dependen keputusan
pembelian (Y).
Kata kunci : Terpaan Pengaruh Iklan, Brand Ambassador, Keputusan Pembelian.