Indonesia ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE TERHADAP IKLAN SHOPEE PADA MASYARAKAT GEN Z DESA BELIK, KECAMATAN PRACIMANTORO, KABUPATEN WONOGIRI TAHUN 2023
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis penggunaan media YouTube pada kalangan Gen Z di Desa Belik, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri pada tahun 2022. Desain penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan teori komunikasi milik Harrold Lasswell. Subjek penelitian adalah kalangan Gen Z di Desa Belik. Terdapat dua jenis data yang gen digunakan yaitu data primer dan data sekunder dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara mendalam secara langsung maupun daring dan dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Youtube memberikan dampak terhadap penentuan kalangan Gen Z Desa Belik dalam pengambilan keputusan, dalam hal ini keputusan untuk berbelanja melalui Shopee. Jenis iklan Shopee yang sering ditayangkan melalui media Youtube adalah promo atau diskon dengan format tanggal dan bulan yang sama. Sebagian besar memilih promo ini untuk membeli make up dan alat elektronik.