Aktivitas Komunikasi Pemasaran Digital Pada Toko Antik Keris Melalui Marketplace Shopee Untuk Meningkatkan Penjualan
Abstrak
Dijaman modern seperti sekarang masyarakat sudai mulai beralih menggunakan media digital untuk menjalani kegiatan sehari-hari, tidak terkecuali dalam bidang pemasaran. Toko Antik Keris merupakan salah satu dari sekian banyak usaha yang memilih untuk memasarkan produkya secara online. Toko Antik Keris memilih marketplace Shopee sebagai sarana untuk memasarkan produknya. Aktivitas komunikasi pemasaran digital dapat digunakan untuk mencapai sebuah peningkatan penjualan. Dengan menggunakan aktivitas komunikasi pemasaran, maka toko Antik Keris mampu untuk membengaruhi minat konsumen untuk mau memilih produk yang ditawarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganasilis aktivitas komunikasi pemasaran digital toko Antik Keris pada marketplace Shopee untuk meningkatkan penjualan. Penelitian ini menggunakan konsep Komunikasi Pemasaran Digital oleh Philip Kotler dan Gary Armstrong. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan oleh peneliti melalui wawancara serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa toko Antik Keris menggunakan aktivitas komunikasi pemasaran digital untuk meningkatan penjualan. Aktivitas komunikasi pemasaran digital yang dipakai yaitu menggunakan iklan dan promosi penjualan. Kedua aktivitas komunikasi pemasaran digital yang digunakan tersebut akan saling melengkapi hingga tercapainya sebuah peningkatan penjualan.
Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran Digital, Marketplace Shopee, Peningkatan penjualan