STRATEGI PUBLIC RELATIONS FAVEHOTEL MANAHAN SOLO DALAM UPAYA MENINGKATKAN REPUTASI HOTEL
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi Public Relations Favehotel Manahan Solo dalam upaya meningkatkan reputasi hotel. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif tipe deskriptif. Metode yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer melalui wawancara dan juga observasi, serta menggunakan data sekunder melalui dokumentasi serta referensi buku dan jurnal. Teknik validasi yang digunakan adalah triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dijalankan oleh Public Relations favehotel Manahan Solo yaitu dengan melakukan riset mendalam terlebih dahulu, setelah mendapatkan data dari lapangan maka disusunlah atau direncanakan program– program yang yang sesuai dengan situasi yang ada, kemudian aksi dan realisasi yang melibatkan berbagai pihak dalam menjalankan setiap program yang sudah direncanakan, serta evaluasi sebagai tahapan terakhir yang bertujuan sebagai bentuk evaluasi kerja dan juga fasilitas yang ada untuk dapat ditingkatkan ke depannya sehingga dapat meningkatkan reputasi dari hotel. Bentuk hasil program seperti branding social media, advertorial, reply all guest comment, collab and partnership, CSR, media relations, join events, serta press release.