KOMUNIKASI PEMASARAN OBJEK WISATA SENDANG KUN GERIT DALAM MENINGKATKAN JUMLAH WISATAWAN
Abstrak
Globalisasi komunikasi dan teknologi telah membuka peluang dan tantangan baru bagi industri pariwisata di Indonesia. Sendang Kun Gerit merupakan objek wisata pemandian air alami di Kabupaten Sragen yang dikelola oleh BUMDES Sumber Rejeki. Objek wisata ini telah meraih kesuksesan signifikan dengan jumlah pengunjung mencapai 18 ribu pada April 2023.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana komunikasi pemasaran objek wisata Sendang Kun Gerit dapat meningkatkan jumlah pengunjung. Data yang didapatkan melalui hasil wawancara dengan kepala pengelola, divisi bagian publikasi dan pemasaran objek wisata sendang kun gerit, dan pengunjung. Selain itu, data juga didapatkan dengan hasil observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial dan website resmi memiliki dampak dalam meningkatkan pemahaman, keterlibatan, dan daya persuasi bagi calon wisatawan.
Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Media Sosial, Sendang Kun Gerit Sragen.