STRATEGI HUMAS DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA POSITIF PERUSAHAAN (Studi kasus pada Coffeeshop PT Stasiun Kopi Solo Balapan)
Studi kasus pada Coffeeshop PT Stasiun Kopi Solo Balapan
Abstrak
Penelitian dengan judul Strategi Humas Dalam Mempertahankan Citra Positif Perusahaan (Studi kasus pada Coffeshop PT Stasiun Kopi Solo Balapan) merupakan sebuah penelitian yang mengangkat tentang Strategi Humas dalam mempertahankan citra positif perusahaan, bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi yang digunakan oleh Coffeshop PT Stasiun Kopi Solo Balapan. Teori (Cutlip, Center dan Broom, 2005) yang digunakan pada penelitian ini. Dalam penelitian ini metode yang digunakan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, sehingga penelitian ini menggambarkan keadaan yang sebenarnya, berusaha mengungkap suatu masalah keadaan sebagaimana adanya sehingga mengungkap fakta tentang strategi humas dalam mempertahankan citra positif perusahaan. Dalam pengumpulan data kualitatif, penulis melakukan pengolahan informasi yang diperoleh dari sumber-sumber data primer yang menggambarkan data yaitu dengan uraian penjelasan yang berasal dari hasil wawancara lapangan dan observasi lapangan yang dilakukan berhubungan dengan Coffeshop PT Stasiun Kopi Solo Balapan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Humas Coffeshop PT Stasiun Kopi Solo Balapan dalam usaha meningkatkan citra positif perusahaan terlihat telah melakukan analisis situasi, perencanaan dan pemograman, melakukan penerapan, serta evaluasi program. Pembentukan citra positif dilakukan dengan menghadirkan event-event yang sangat menarik di tiap bulannya. Peneliti menyarankan kepada pihak Humas untuk memperluas promosi sosial media, serta event dan berhubungan baik dengan media massa sehingga dapat membangun citra yang baik bagi perusahaan.
Kata Kunci : Stategi Humas, Coffeshop PT Stasiun Kopi Solo Balapan, Citra Positif