PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI MEDIA FOTONOVELA TERHADAP AKTIVITAS PEMBELAJARAN

Authors

  • Freliana Artikawati UNISRI
  • Soewalni Soekirno UNISRI

DOI:

https://doi.org/10.33061/js.v2i1.2982

Keywords:

Aktivitas Pembelajaran Tematik Integratif, Pendekatan Saintifik, Media Fotonovela.

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Pre Eksperimental tipe one group pretest-postest design. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan saintifik melalui media fotonovela berbasis lingkungan terhadap aktivitas pembelajaran tematik integratif pada siswa kelas IV Madrasah Ibtida’iyah Al Iman Wonogiri Tahun Ajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Pengumpulan data menggunkan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Validasi instrumen menggunakan validitas konstruk. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test. Hasil analisis data diperoleh hasil –thitung sebesar -7,751 yang selanjutnya dibandingkan  dengan –ttabel dengan d.b (N-1) jadi (29-1)= 28 pada taraf signifikan 5% yaitu -2,048. Jadi dapat disimpulkan bahwa –thitung< –ttabel atau -7,751 < -2,048, sehingga ada pengaruh pendekatan saintifik melalui media fotonovela berbasis lingkungan terhadap aktivitas pembelajaran tematik integratif pada siswa kelas IV Madrasah Ibtida’iyah Al Iman Wonogiri Tahun Ajaran 2017/2018.

Author Biographies

Freliana Artikawati, UNISRI

PGSD

Soewalni Soekirno, UNISRI

PGSD

References

An-Nisa Apriani dan Muhammad Nur Wangid. 2015. Pengaruh SSP Tematik Integratif Terhadap Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Kelas III SD. Jurnal Prima Edukasia. 3(1). 12-25.

Asih Wulandari. 2015. Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas IV di SD Muhammadiyah Pendowoharjo, Bantul, Yogyakarta. Skripsi. FKIP UNY.

Dwi Rohyati. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Interaktif dan Aktivitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V Sdn Sukabumi 1 dan 6 Gugus 02 Tahun Pelajaran 2014/2015 Di Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI). 10 (2). 184-202.

Ema Butsi Prihastari dan Ratna Widyaningrum. 2016. Pelatihan Pembuatan Media Fotonovela Menggunakan Aplikasi Portable Bagi Guru SD. Jurnal Widya Wacana. 11(2). 128-134.

Firdos Mujahidin. 2017. Strategi Mengelola Pembelajaran Bermutu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nur Aini Rizki. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Berbantuan Fotonovela Terhadap

Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Kartika II-2 Bandar Lampung. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan.

Purwanto. 2011. Statistika untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rini Kristiantari. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. 3 (2). 460-470.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sardiman A. M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sri Wijayanti, Isnarto, dan Masrukan. 2016. Implementasi Pembelajaran Sains dengan Media Fotonovela untuk Meningkatkan Motivasi Belajar SD/MI. Journal of Primary Education. 5 (1). 49-55.

Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syaiful Sagala. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Yasin Priyadi dan Agustiningsih. 2016. Peningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Pendekatan Saintifik dan Media Benda Asli Pada Pembelajaran IPA Kelas IV di SDN Maron Kidul II Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo. Jurnal Pancaran Pendidikan. 5 (4). 125-142.

Published

2019-12-03