PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING BERBANTU MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA DAERAH

Authors

  • Dyah Tri Handayani UPGRIS
  • Ratna Wahyu Pusari UPGRIS
  • Muhammad Yusuf Setia Wardana UPGRIS

DOI:

https://doi.org/10.33061/js.v2i1.2980

Keywords:

Model Quantum Learning, Puzzle, Bahasa Daerah

Abstract

Tujuan penelitian ini mengetahui penerapan model quantum learning berbantu media permainan puzzle terhadap hasil belajar bahasa daerah materi aksara jawa kelas III SD N Jomblang 02 Kota Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Desain penelitian adalah Pre-Experimental Design (non designs) dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian 40 siswa kelas III SDN Jomblang 02 Semarangyang diambil dengan teknik total sampling. Data yang dikumpulkan sebagai hasil belajar bahasa daerah siswa meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Teknik analisis data dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan nilai t hitung  sebesar -9,040 dengan p 0,000,. Jadi, model quantum learning berbantu media permainan puzzle  pada materi aksara jawa memberikan pengaruh pada hasil belajar bahasa jawa materi aksara jawa siswa kelas III SD N Jomblang 02.

Author Biographies

Dyah Tri Handayani, UPGRIS

PGSD

Ratna Wahyu Pusari, UPGRIS

PGSD

Muhammad Yusuf Setia Wardana, UPGRIS

PGSD

References

Arsyad, A. 2002. Media Pembelajaran, edisi 1. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

De Porter, Bobbi, dan Mike Hernacki. 2006. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

I Nym Adi Kurniawan, I Md Suara dan I. B. Surya Manuaba. 2014. Pengaruh Quantum Teahing Berbantu Media Audio terhadap Hasil Belajar IPS

Izzaty, R. E., et al. (2013). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Press.

Miftahul, A’la. 2010. Quantum Teaching. Jogjakarta: DIVA Press.

Sugiyanto. 2009. Model-Model Pembelajaran Inovatif (Cetakan Ke-2). Surakarta: Yuma Pressindo

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. 2009. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Published

2019-12-03