PENGEMBANGAN MEDIA KOTAK CILUKBA TEMA 1 DIRIKU SUBTEMA 2 TUBUHKU KELAS I SD
DOI:
https://doi.org/10.33061/js.v1i2.2799Keywords:
Pengembangan, Media Kotak cilukba, Model Borg and GallAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidak praktisan media pembelajaran tematik. Pada dasarnya penggunaan media pembelajaran pada proses pembelajaran akan sangat membantu keefektifan proses pembelajaran dalam penyampaian pesan dan isi untuk meningkatkan pemahaman siswa. Dalam pembelajaran khususnya pada tema 1 Diriku subtema 2 Tubuhku masih ada beberapa siswa yang kurang berkonsentrasi bahkan kurang tertarik dalam proses pembelajaran, dengan adanya masalah tersebut peneliti melakukan penelitian pengembangan media kotak cilukba kelas I Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media pembelajaran kotak cilukba tema 1 Diriku subtema 2 Tubuhku valid. Sebelum diuji cobakan kepada seluruh siswa media pembelajaran sudah melewati tahap validasi oleh dosen ahli materi, dosen ahli media dan guru sebagai praktisi. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian Research and Development (R&D). Langkah-langkah penelitian dan pengembangan ini dikembangkan dengan prosedur pengembangan Borg and Gall. Kevalidan media diperoleh dari penilaian oleh ahli media dan ahli materi.
References
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Dahar, Wilis Ratna.2011.Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga
Hajar, Ibnu. 2013. Panduan Lengkap Kurikulum Tematik. Yogyakarta: Diva Press.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta. PT Rineka Cipta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.