PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP SIKAP DIGITAL CITIZENSHIP PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKN
DOI:
https://doi.org/10.33061/jgz.v11i2.6752Abstrak
Negara Indonesia kini mengalami perubahan yang sangat cepat yaitu dengan adanya virus covid-19. Perubahan yang terjadi tentunya sangat berpengaruh pada tatanan kehidupan khususnya teknologi dikalangan dunia pendidikan. Lingkungan pendidikan menjadi berubah yang tadinya proses pembelajaran dilakukan secara tatap muka, tapi sekarang menggunakan media pembelajaran daring. Sekolah sebagai salah satu faktor utama dalam membentuk karakter peserta didik, sehingga dapat mendukung penggunaan teknologi dengan baik sehingga disebut dengan kewargaan digital (Digital Citizenship). Namun pada kenyataannya saat ini, penyebab sebagian dari kurangnya sikap yang kurang baik dalam penggunaan teknologi yang dilakukan oleh peserta didik. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh media pembelajaran daring dalam memperkut sikap Digital Citizenship peserta didik pada mata pelajaran PPKn. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik utama yaitu angket. Alat bantu untuk menganalisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan SPSS versi 20. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran daring dalam memperkuat sikap digital citizenship peserta didik pada mata pelajaran PPKn dengan besar persentase pengaruhnya yaitu 56,5%.
Kata Kunci: Media Pembelejaran Daring, Digital Citizenship, dan Peserta Didik
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 amallia noviani, Muhammad Mona Adha, Rohman Rohma
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.