PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP SIKAP DIGITAL CITIZENSHIP PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKN

Penulis

  • amallia noviani Universitas Lampung
  • Muhammad Mona Adha UNILA
  • Rohman Rohma UNILA

DOI:

https://doi.org/10.33061/jgz.v11i2.6752

Abstrak

Negara Indonesia kini mengalami perubahan yang sangat cepat yaitu dengan adanya virus covid-19. Perubahan yang terjadi tentunya sangat berpengaruh pada tatanan kehidupan khususnya teknologi dikalangan dunia pendidikan. Lingkungan pendidikan menjadi berubah yang tadinya proses pembelajaran dilakukan secara tatap muka, tapi sekarang menggunakan media pembelajaran daring. Sekolah sebagai salah satu faktor utama dalam membentuk karakter peserta didik, sehingga dapat mendukung penggunaan teknologi dengan baik sehingga disebut dengan kewargaan digital (Digital Citizenship). Namun pada kenyataannya saat ini, penyebab sebagian dari kurangnya sikap yang kurang baik dalam penggunaan teknologi yang dilakukan oleh peserta didik. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh media pembelajaran daring dalam memperkut sikap Digital Citizenship peserta didik pada mata pelajaran PPKn. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik utama yaitu angket. Alat bantu untuk menganalisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan SPSS versi 20. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran daring dalam memperkuat sikap digital citizenship peserta didik pada mata pelajaran PPKn dengan besar persentase pengaruhnya yaitu 56,5%.

 

Kata Kunci: Media Pembelejaran Daring, Digital Citizenship, dan Peserta Didik

Diterbitkan

2022-12-02

Cara Mengutip

noviani, amallia, Adha, M. M., & Rohma, R. (2022). PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP SIKAP DIGITAL CITIZENSHIP PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKN. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 11(2), 9–19. https://doi.org/10.33061/jgz.v11i2.6752