PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP MORALITAS PESERTA DIDIK

Penulis

  • Handriyanto Handriyanto Universitas Lampung
  • Muhammad Mona Adha
  • Ana Mentari

DOI:

https://doi.org/10.33061/jgz.v11i2.6751

Abstrak

Penelitian ini berfokus pada pengaruh literasi digital terhadap moralitas peserta didik. Literasi digital adalah kemampuan menggunakan dan memanfaatkan berbagai perangkat digital, untuk lebih berdaya, beretika dan demokratis di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (bagaimana keterampilan operasional, pencarian internet, mengevaluasi konten, berkomunikasi dan adakah pengaruh literasi digital terhadap moralitas peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik dasar dan pendukung dalam pengumpulan data di lapangan. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian diketahui bahwa literasi digital memengaruhi moralitas peserta didik, namun literasi digital tidak sepenuhnya dimiliki oleh peserta didik. Hal ini dapat dilihat melalui indikator keahlian operasional (operational skill), pencarian internet (internet searching), evaluasi konten (content evaluation) dan komunikasi (communication) yang peneliti ajukan kepada responden.

Diterbitkan

2022-12-02

Cara Mengutip

Handriyanto, H., Adha, M. M., & Mentari, A. (2022). PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP MORALITAS PESERTA DIDIK. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 11(2), 59–67. https://doi.org/10.33061/jgz.v11i2.6751