PENANAMAN NILAI-NILAI PANCASILA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEDISIPLINAN ANGGOTA PASKIBRA SMK GANESHA TAMA BOYOLALI
DOI:
https://doi.org/10.33061/jgz.v13i1.10791Abstrak
Pancasila, sebagai fondasi kokoh bangsa Indonesia, memuat nilai-nilai luhur yang menjadi acuan moral dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Generasi muda merupakan tumpuan harapan bangsa. Masa depan bangsa bergantung pada generasi muda yang berwawasan kebangsaan dan disiplin. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui kegiatan pembinaan anggota Paskibra. Penelitian ini menganalisis penanaman nilai-nilai Pancasila sebagai upaya peningkatan kedisiplinan anggota Paskibra SMK Ganesha Tama Boyolali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai Pancasila melalui kegiatan ekstrakurikuler Paskibra terbukti efektif dalam meningkatkan kedisiplinan anggota Paskibra dalam berbagai aspek, seperti kedisiplinan waktu, kesopanan, dan tanggung jawab. Peningkatan kedisiplinan ini juga terlihat dari indikator seperti tingkat kehadiran, keterlambatan, dan pelanggaran tata tertib yang menunjukkan tren yang positif. Upaya penanaman nilai-nilai Pancasila di SMK Ganesha Tama Boyolali patut diapresiasi dan dicontoh oleh sekolah-sekolah lain. Dengan menanamkan nilai-nilai Pancasila sejak dini, diharapkan generasi muda dapat tumbuh menjadi pribadi yang disiplin, bertanggung jawab, dan berkarakter. Kata Kunci: Ekstrakurikuler, Kedisiplinan, Pancasila, Paskibra.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 karsono, Wahyu Noviansyah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.