PENANAMAN NILAI-NILAI PANCASILA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEDISIPLINAN ANGGOTA PASKIBRA SMK GANESHA TAMA BOYOLALI

Penulis

  • karsono karsono Universitas Sebelas Maret
  • Wahyu Noviansyah Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.33061/jgz.v13i1.10791

Abstrak

Pancasila, sebagai fondasi kokoh bangsa Indonesia, memuat nilai-nilai luhur yang menjadi acuan moral dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Generasi muda merupakan tumpuan harapan bangsa. Masa depan bangsa bergantung pada generasi muda yang berwawasan kebangsaan dan disiplin. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui kegiatan pembinaan anggota Paskibra. Penelitian ini menganalisis penanaman nilai-nilai Pancasila sebagai upaya peningkatan kedisiplinan anggota Paskibra SMK Ganesha Tama Boyolali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai Pancasila melalui kegiatan ekstrakurikuler Paskibra terbukti efektif dalam meningkatkan kedisiplinan anggota Paskibra dalam berbagai aspek, seperti kedisiplinan waktu, kesopanan, dan tanggung jawab. Peningkatan kedisiplinan ini juga terlihat dari indikator seperti tingkat kehadiran, keterlambatan, dan pelanggaran tata tertib yang menunjukkan tren yang positif. Upaya penanaman nilai-nilai Pancasila di SMK Ganesha Tama Boyolali patut diapresiasi dan dicontoh oleh sekolah-sekolah lain. Dengan menanamkan nilai-nilai Pancasila sejak dini, diharapkan generasi muda dapat tumbuh menjadi pribadi yang disiplin, bertanggung jawab, dan berkarakter. Kata Kunci: Ekstrakurikuler, Kedisiplinan, Pancasila, Paskibra.

Diterbitkan

2024-07-08

Cara Mengutip

karsono, karsono, & Noviansyah, W. . (2024). PENANAMAN NILAI-NILAI PANCASILA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEDISIPLINAN ANGGOTA PASKIBRA SMK GANESHA TAMA BOYOLALI. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.33061/jgz.v13i1.10791