TESIS ANALISIS STRATEGI DINAS KEBUDAYAAN PARIWISATA, PEMUDA DAN OLAH RAGA DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA DI KABUPATEN PONOROGO

JURNAL TESIS

Penulis

  • Binarpendyah Rawitri HS PROGRAM MAGISTER ADMINISTRASI PUBLIK
  • Joko Pramono
  • Aris Tri Haryanto

DOI:

https://doi.org/10.33061/jp.v11i2.7256

Abstrak

Sektor pariwisata memerlukan suatu strategi yang dengan pola pengembangan  kepariwisataan yang terencana atau tersusun agar potensi yang dimiliki bisa dikembangkan  secara optimal. Di dalam memajukan sektor pariwisata di tingkat daerah peran pemerintah  daerah sebagai motor penggerak dan selanjutnya memberikan kewenangan penuh kepada Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Daerah Kabupaten Ponorogo dalam menentukan  strategi-strategi pembangunan kepariwisataan.

Tujuan penelitian mengetahui strategi Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan  Olahraga Kabupaten Ponorogo dalam pengembangan pariwisata dan faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan pariwisata  oleh Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan  Olahraga Kabupaten Ponorogo.

Metode penelitian menggunakan jenis  penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini yaitu Jenis deskriptif  sedangkan jenis penelitian yang dipakai  adalah penelitian kualitatif.Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Ponorogo, yang memiliki potensi wisata yang cukup beragam dan potensial untuk dikembangkan.

Hasil penelitain menunjukkan Strategi S-O, yaitu  mengembangkan  dan meningkatkan daya tarik wisatawan dengan adanya berbagai potensi  yang dimiliki, seperti kondisi sosial budaya masyarakat yang khas.Srategi S-T, dengan memanfaatkan media informasi yang  baik untuk menarik investor. Dilakukan dengan cara memberikan  informasi yang akurat mengenai potensi unggulan pariwisata.Strategi W-O, yaitu  Dengan adanya kondisi politik yang stabil diharapkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata mampu mengikutsertakan para pemegang  kekuasaan agar mau memberikan bantuan dalam peningkatan SDM baik kualitas maupun kuantitasnya.Ancaman (Threats) adalah  Sarana dan  prasarana adalah alat penunjang keberhasilan suatu proses upaya yang  dilakukan di dalam pelayanan publik, karena apabila kedua hal ini tidak  tersedia maka semua kegiatan yang dilakukan tidak akan dapat mencapai  hasil yang diharapkan sesuai dengan rencana.

 

Kata Kunci : Sstrategi pengembangan pariwisata  Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan  Olahraga Kabupaten Ponorogo

Downloads

PlumX Metrics

Diterbitkan

2023-06-16

Cara Mengutip

HS, B. R. ., Pramono, J., & Haryanto, A. T. (2023). TESIS ANALISIS STRATEGI DINAS KEBUDAYAAN PARIWISATA, PEMUDA DAN OLAH RAGA DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA DI KABUPATEN PONOROGO: JURNAL TESIS. JI@P, 11(2). https://doi.org/10.33061/jp.v11i2.7256

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>