ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT PADA KOPERASI SERBA USAHA JATIDIRI PLUPUH SRAGEN

Authors

  • Vivin Zuliana Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Sunarso Sunarso Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Erni Widajanti Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33061/jeku.v21i3.6868

Abstract

Koperasi Serba Usaha Jatidiri Plupuh Sragen adalah badan usaha yang bergerak di bidang ekonomi untuk membantu masyarakat dalam perekonomian dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas pelayanan yang diberikan oleh koperasi kepada nasabah. Metode analisis data yang digunakan adalah Quality Function Deployment dengan matrik House of Quality. Hasil penelitian ini pada lima dimensi kualitas jasa (tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empahty) menunjukkan pada penentuan prioritas kebutuhan nasabah dengan  memiliki nilai paling tinggi merupakan prioritas yang dianggap penting bagi nasabah koperasi adalah ketanggapan, kecepatan, kemampuan, keramahan, dan kesabaran customer service dalam melayani nasabah  dengan nilai 1,8088, sedangkan pada technical descriptor yang diutamakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada koperasi yaitu meningkatkan kemampuan customer service dengan nilai 575.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-03-02

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>