PENGARUH BRAND IMAGE, LABELISASI HALAL, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PRODUK PADA PELANGGAN TSABITA HALAL BOGA GENTAN SUKOHARJO

Authors

  • Anggraini Saraswati Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Suprayitno Suprayitno Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Lamidi Lamidi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33061/jeku.v20i3.4451

Keywords:

Brand image, halal labeling, product quality, customer loyalty

Abstract

To face fierce competition, food industry business players must have a competitive advantage. This research is a survey research. This type of data uses qualitative data and quantitative data. The data source uses primary data and secondary data. The population in this study were customers of Tsabita Halal Boga Gentan Sukoharjo who had made purchases more than 2 times. The number of samples used was 100 people, using accidental sampling technique. The data technique used questionnaires and observations. The data analysis used descriptive analysis and multiple linear regression test. The results showed that brand image has a significant effect on customer loyalty Tsabita Halal Boga Gentan Sukoharjo, halal labeling has a significant effect on customer loyalty Tsabita Halal Boga Gentan Sukoharjo, product quality has a significant effect on customer loyalty Tsabita Halal Boga Gentan Sukoharjo.

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.

Mahwiyah. 2010. “Pengaruh Labelisasi terhadap Keputusan Pembelian Konsumenâ€. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Method). Alfabeta. Bandung.

Griffin, Jill. 2010. Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan (Alih Bahasa: Dwi Kartini Yahya). Erlangga. Jakarta.

Buchari Alma, 2011.Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan Kesembelian, Alfabeth, Bandung.

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, Penerbit Ghalia Indonesia, Bogor.

Arif, Rahman. 2010. Strategi DaHXyat Marketing Mix. Trans Media. Jakarta.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Akbar, Adam. 2012. “Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga,dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Note book Toshiba,†Jurnal ,Universitas Gunadarma. Jakarta.

Anwar, Sanusi. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis. Salemba Empat. Jakarta.

Fandy Tjiptono. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga. Andi. Yogyakarta.

_____________.2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Andi. Yogyakarta.

Hartimbul Ginting, Nembah F. 2011. Manajemen Pemasaran. Yrama Widya. Bandung.

Indrawijaya , Sigit. 2012. â€Pengaruh Kualitas Produk dan Word of Mouth terhadap Keputusan Konsumen dalam Pembelian Roti Manis pada Industri Kecil di Kabupaten Sarolangunâ€. Jurnal. Universitas Jambi Vol. 1. No. 3. 2012:196

Izzah, Nurul. 2019. “Analisis loyalitas konsumen produk berlabel halalâ€. Jurnal Al Qardh. Vol. 4. Juli. IAIN Palangka Raya.

Kotler dan Amstrong. 2008.â€Prinsip-prinsip Manajenemâ€. Edisi 12. Erlangga. Jakarta

Kotler, Phillip and Gary Armstrong. 2011. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Alih Bahasa Bob Sabran. Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi 1. Alih bahasa: Bob Sabran, Erlangga. Jakarta.

_______________________________. 2009. Manajemen Pemasaran terj: Bob Sabran. Edisi 13 Jilid 1 dan 2. Erlangga. Jakarta.

_______________________________. 2012. Manajemen Pemasaran 13. Alih Bahasa Bob Sabran. Erlangga. Jakarta.

Sukesti, F. dan Mamdukh B. 2014. The influence halal label and personal religiousity on purchase decision on food products in Indonesia. International of business, economic and law, 1(14): 150-153.

Hutomo, 2010. “Pengaruh kualitas produk dan tingkat kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan pada produk makanan tela krezz cabang bekasiâ€. skripsi Universitas Gunadarma.

Basith, Kumadji, Hidayat. 2014. “Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan (survey pada pelanggan De’pancake and waffle di kota Malang)â€. Jurnal administrasi Bisnis. Vol.11, No. 1, Juni. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Malang.

Kurniawati, Suharyono, Kusumawati. 2014. “pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan (studi pada pelanggan KFC cabang Kawi Malang)â€. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 14, No. 2, September. Fakultas Ilmu Administrasi Brawijaya. Malang.

Harahap, Soegoto, Rotinsulu. 2014. “citra merek, ekuitas merek, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas kosumen pada produk indomie di kecamatan Malalayang 1 Barat Manadoâ€. Jurnal EMBA. Vol.2, No. 2, juni. Hal. 859-870.

Hasibh, Anwar. 2019. “Pengaruh labelisasi halal terhadap loyalitas konsumen dalam mengkonsumsi makanan ringan di unesa ketintangâ€. Jurnal Ekonomi Islam. Vol. 3. No. 2. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.

Downloads

Published

2020-10-11

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>