PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS I SD N TAMAN SARI 01 PATI

Authors

  • Indah Veronica UPGRIS
  • Ervina Eka Subekti UPGRIS
  • Ahmad Nashir Tsalatsa UPGRIS

DOI:

https://doi.org/10.33061/js.v2i1.2986

Keywords:

Pengembangan, Media, Scrapbook

Abstract

Rendahnya minat belajar siswa dalam pembelajaran karena kurangnya pemanfaatan media berakibat pada kurangnya pemahaman siswa. Penelitian ini mengembangkan media scrapbook pada pembelajaran tematik.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan media scrapbook pada pembelajaran Tematik di kelas I.Subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas I SDN Taman Sari 01 Pati. Data penelitian ini berupa hasil validasi media oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi serta respon siswa terhadap media yang dikembangkan. Sumber data yaitu dari validator, praktisi, dan siswa kelas I SDN Taman Sari 01 Pati.Penelitian ini menggunakan metodelogi penelitian Research and Development (R&D) dan model pengembangan  ADDIE.Kevalidan media diperoleh dari penilaian oleh ahli media dan ahli materi. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media scrapbook dalam pembelajaran Tematik, media yang dikembangkan terbukti valid  berdasarkan hasil validasi media oleh para ahli dan praktisi. Media pembelajaran juga dapat diterima siswa terbukti dengan semangat siswa dan respon siswa.

Author Biography

Indah Veronica, UPGRIS

pgsd

References

Heinich, Molenda and Russel. 1996. Intructional Media and Technologies for Learning .5th ed. New Jersey.Prentice- Hall, Inc

Cecep Kustandi dan Bambang Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Resia Hana Safitri. 2017. Pengaruh Media Scrapbook Sciencetale Terhadap hasil Belajar Siswa Materi Proses Daur Air di Sekolah Dasar. Jurnal. Surabaya : PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya.

PlumX Metrics

Published

2019-12-03