PENGARUH MODEL (GI) BERBANTU PERMAINAN ENGKLEK TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK KELAS IV SDN 02 KALIOMBO JEPARA

Authors

  • Arin Ni'amah Kholidah Universitas PGRI Semarang
  • Arfilia Wijayanti UPGRIS
  • Asep Ardiyanto UPGRIS

DOI:

https://doi.org/10.33061/js.v2i1.2978

Keywords:

GI, permainan engklek, hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantu Permainan Engklek dengan Tema Cita-citaku Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 02 Kaliombo. Hasil penelitian sebagai berikut. 1) Rata-rata hasil belajar siswa pada subtema Aku dan Cita-Citaku masih rendah, sedangkan kriteria ketuntasan minimal 70, 2) Pada saat pembelajaran siswa tersebut bermain sendiri, berbicara dengan teman, bermain dengan teman sebangku, serta tidak mendengarkan guru, 3) Model dan media yang digunakan guru terkadang membuat siswa menjadi bosan sehingga siswa tersebut dalam pembelajaran pasif dan ramai sendiri.Terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model Group Investigation (GI) berbantu permainan engklek dibuktikan dengan thitung 6,191 > 2,064. ketuntasan belajar individu nilai posttest lebih baik dari pada nilai pretest. ketuntasan belajar klasikal mencapai 88%.

Author Biographies

Arin Ni'amah Kholidah, Universitas PGRI Semarang

PGSD

Arfilia Wijayanti, UPGRIS

pgsd

Asep Ardiyanto, UPGRIS

PGSD

References

Husna. 2009. 100+ Permainan Tradisional Indonesia untuk Kreativitas, Ketangkasan, dan Keakraban. Yogyakarta: Andi.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. http: //sindikker.dikti.go.id/. Diakses pada tanggal 17 Oktober 2018.

Shoimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.http://www.uusisdiknas.com. Diakses pada 17 Oktober 2018.

PlumX Metrics

Published

2019-12-03