PENGEMBANGAN MEDIA KOTAK CILUKBA TEMA 1 DIRIKU SUBTEMA 2 TUBUHKU KELAS I SD

Anita Nurmarina, Husni Wakhyudin, Wawan Priyanto

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidak praktisan media pembelajaran tematik. Pada dasarnya penggunaan media pembelajaran pada proses pembelajaran akan sangat membantu keefektifan proses pembelajaran dalam penyampaian pesan dan isi untuk meningkatkan pemahaman siswa. Dalam pembelajaran khususnya  pada tema 1 Diriku subtema 2 Tubuhku masih ada beberapa siswa yang kurang berkonsentrasi bahkan kurang tertarik dalam proses pembelajaran, dengan adanya masalah tersebut peneliti melakukan penelitian pengembangan media kotak cilukba kelas I Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media pembelajaran kotak cilukba tema 1 Diriku subtema 2 Tubuhku valid. Sebelum diuji cobakan kepada seluruh siswa media pembelajaran sudah melewati tahap validasi oleh dosen ahli materi, dosen ahli media dan guru sebagai praktisi. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian Research and Development (R&D). Langkah-langkah penelitian dan pengembangan ini dikembangkan dengan prosedur pengembangan Borg and Gall. Kevalidan media diperoleh dari penilaian oleh ahli media dan ahli materi.


Keywords


Pengembangan, Media Kotak cilukba, Model Borg and Gall

References


Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Dahar, Wilis Ratna.2011.Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga

Hajar, Ibnu. 2013. Panduan Lengkap Kurikulum Tematik. Yogyakarta: Diva Press.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta. PT Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33061/js.v1i2.2799

Copyright (c) 2019 JURNAL SINEKTIK