PENGEMBANGAN MEDIA KOTAK CILUKBA TEMA 1 DIRIKU SUBTEMA 2 TUBUHKU KELAS I SD

Authors

  • Anita Nurmarina univ. pgri semarang
  • Husni Wakhyudin Univ. PGRI Semarang
  • Wawan Priyanto Univ. PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33061/js.v1i2.2799

Keywords:

Pengembangan, Media Kotak cilukba, Model Borg and Gall

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidak praktisan media pembelajaran tematik. Pada dasarnya penggunaan media pembelajaran pada proses pembelajaran akan sangat membantu keefektifan proses pembelajaran dalam penyampaian pesan dan isi untuk meningkatkan pemahaman siswa. Dalam pembelajaran khususnya  pada tema 1 Diriku subtema 2 Tubuhku masih ada beberapa siswa yang kurang berkonsentrasi bahkan kurang tertarik dalam proses pembelajaran, dengan adanya masalah tersebut peneliti melakukan penelitian pengembangan media kotak cilukba kelas I Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media pembelajaran kotak cilukba tema 1 Diriku subtema 2 Tubuhku valid. Sebelum diuji cobakan kepada seluruh siswa media pembelajaran sudah melewati tahap validasi oleh dosen ahli materi, dosen ahli media dan guru sebagai praktisi. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian Research and Development (R&D). Langkah-langkah penelitian dan pengembangan ini dikembangkan dengan prosedur pengembangan Borg and Gall. Kevalidan media diperoleh dari penilaian oleh ahli media dan ahli materi.

Author Biographies

Anita Nurmarina, univ. pgri semarang

pgsd

Husni Wakhyudin, Univ. PGRI Semarang

pgsd

Wawan Priyanto, Univ. PGRI Semarang

pgsd

References

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Dahar, Wilis Ratna.2011.Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga

Hajar, Ibnu. 2013. Panduan Lengkap Kurikulum Tematik. Yogyakarta: Diva Press.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta. PT Rineka Cipta.

PlumX Metrics

Published

2019-03-14