Startegi Komunikasi Oraganisasi Forum Mahasiswa Karanganyar dalam Mempertahankan Eksistensi Melalui Event Eksternal Di Kabupaten Karanganyar
Startegi Komunikasi Oraganisasi Forum Mahasiswa Karanganyar dalam Mempertahankan Eksistensi Melalui Event Eksternal Di Kabupaten Karanganyar
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini yakni guna melihat Strategi Komunikasi Organisasi Forum
Mahasiswa Karanganyar dalam Mempertahankan Eksistensi melalui Event Eksternal di
Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini menggunakan teori strategi komunikasi organisasi.
Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah mengunakan metode observasi partisipan, wawancara mendalam dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data,mereduksi data,
menyajikan data dan penarik kesimpulan atau verivikasi. Berdasarkan hasil penelitian,
diperoleh bahwa menentukan khalayak dari sebuah event eksternal Expo Campus yang
dilakukan Formaka untuk mempertahankan eksistensi yaitu dilihat dari tujuan awal
diadakannya Expo Campus tersebut yaitu ingin memperkenalkan dan menyebarluaskan
informasi tentang perkuliahan kepada siswa-siswi SMA/K/MA yang masih sekolah supaya
memotivasi mereka untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi lagi. Pesan yang
disusun agar banyak yang datang ke Expo Campus berupa kegiatan sosialisasi ke sekolahsekolah SMA/K/MA di Karanganyar, lalu membuat pamflet yang unik dan menarik dan yang
terakhir melakukan branding di sosial media. Metode yang digunakan untuk mempertahankan
eksistensi Formaka yaitu Expo Campus. Pemilihan dan penggunaan media yang paling sering
digunakan Formaka dalam penyampaian pesan yaitu Instagram, bekerjasama juga dengan
media massa seperti radio. Kesimpulan dari penelitian ini yakni strategi komunikasi organisasi
forum mahasiswa Karanganyar dalam mempertahankan eksistensi melalui event eksternal di
Kabupaten Karanganyar yakni menggunakan Expo Campus dapat dikatakan berhasil.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi Organisasi, Formaka, Eksistensi, Event Eksternal.