EFEKTIVITAS PELAYANAN PERIZINAN BERUSAHA DI MAL PELAYANAN PUBLIK KARANGANYAR

Efektivitas Pelayanan Perizinan Berusaha Di Mal Pelayanan Publik Karanganyar

Authors

  • Lulu In Khasanah Mahasiswa
  • Aris Tri Haryanto
  • Joko Suranto

Abstract

Pelayanan perizinan berusaha merupakan salah satu dari berbagai jenis
pelayanan yang ada di Mal Pelayanan Publik Karanganyar di bawah tanggung
jawab dari Dinas penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten
Karanganyar. Dengan adanya pelayanan perizinan berusaha ini dimaksudkan agar
masyarakat dapat memperoleh legalitas hukum atas usaha yang akan dimulai
ataupun sudah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas
pelayanan perizinan berusaha di Mal Pelayanan Publik Karanganyar. Pengukuran
efektivitas dalam penelitian ini menggunakan 4(empat) indikator menurut fandy
Tjiptono (2017:200) yaitu (1) ketepatan waktu pelayanan (2) Akurasi pelayanan
(3) Kesopanan dan keramahan pelayanan (4) Kemudahan dalam mendapatkan
pelayanan. Penelitianiiniimenggunakanimetode deskriptif kualitatif. Teknik
pengumpulanodata;;yaitu observasi;;dan wawancaraimendalam. Informanidalam
penelitian ini terdiri dari KepalaiBidang Pelayanan Perizinan Perekonomian Dan
Kesejahteraan Rakyat, Pegawai Pelayanan Perizinan Berusaha dan masyarakat
pengguna pelayanan di Mal Pelayanan Publik Karanganyar.
Teknik;;analisis;;data;;menggunakan;;; langkah analisis sesuai dengan teori Miles,
Huberman dan saldana (2014: 14) yaitu: kondensasi data ( data condensation),
penyajian data ( data display), dan menarik simpulan atau verifikasi ( conclusion
drawing and verification ).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas
pelayanan perizinan Berusaha Di Mal pelayanan Publik Karanganyar telah
dilaksanakan secara efektif. Namun masih ada yang dirasa kurang efektif dari
ketetatan waktu tunggu dan kurangnya pegawai di mal pelayanan publik
Karanganyar. Peneliti memberikan saran supaya mengoptimalkan waktu tunggu
dan adanya bimbingan teknis secara rutin mengenai OSS.
Kata Kunci : Efektivitas, Ketepatan, Akurasi, Keramahan, Kemudahan

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-12-11

How to Cite

Khasanah, L. I., Haryanto, A. T., & Suranto, J. (2023). EFEKTIVITAS PELAYANAN PERIZINAN BERUSAHA DI MAL PELAYANAN PUBLIK KARANGANYAR: Efektivitas Pelayanan Perizinan Berusaha Di Mal Pelayanan Publik Karanganyar . Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/8862

Issue

Section

Solidaritas: Volume 2 No 3