GAYA BAHASA DALAM KOMUNIKASI INTERPERSONAL SESAMA K-POPERS
(Studi Kasus Pada Komunitas Army Yeoja Mojosongo di Kampung Tegal Mulyo Mojosongo RW.4 Jebres Surakarta)
Abstract
Gaya bahasa merupakan suatu cara yang digunakan seseorang untuk menyampaikan
pikiran atau gagasannya melalui pemakaian bahasa yang khas sehingga akan menimbulkan
kesan dan efek tertentu. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memberikan
deskripsi bagaimana gaya bahasa dalam komunikasi interpersonal pada sesama anggota k-pop
komunitas AYMJ. Penelitian ini merupakan deskripstif dengan metode kualitatif. Adapun teori
yang digunakan dalam penelitian ini yakni teori komunikasi Interpersonal menurut Sinambela,
teori komunikasi interpersonal menurut De Vito, dan gaya bahasa menurut Sudjiman, serta
imitasi menurut Tarde. Hasil daalam penelitian adalah komunikasi interpersonal dalam
komunitas Korea AYMJ terdapat umpan balik atau feedback sesama anggota dan bersifat
pribadi serta hanya dimengerti oleh komunitas AYMJ. Komunikasi interpersonal pada
komunitas AYMJ terjalin dengan baik, mampu menyampaikan pesan dengan bahasa yg mudah
dimengerti dan dipahami oleh semua anggota serta berjalan akrab sesama anggota komunitas
AYMJ karena pembahasan mengenai topik pembicaraan yg mereka sukai. Gaya bahasa yang
ada pada komunitas AYMJ adalah gaya bahasa campuran yg unik yakni pencampuran bahasa
Indonesia Jawa dan juga Korea baik secara verbal dan non-verbal yang mereka tiru dari
member idol kpop BTS yang digunakan pada interaksi sehari-hari komunitas kpopers AYMJ
menjadi lebih efektif. Adapun gaya bahasa dengan menggunakan beberapa istilah-istilah Korea
sekaligus merupakan identitas komunitas tersebut, tidak hanya gaya bahasa, adapun bahasa
simbol baik secara verbal maupun non-verbal yang mereka gunakan untuk berkomunikasi
sesama anggota AYMJ.
Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Gaya Bahasa, Imitasi, Komunitas AYMJ