STRATEGI DINAS KOPERASI USAHA KECIL DAN MENENGAH DAN PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGANDAG DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PENGRAJIN BATIK WONOGIREN DI KECAMATAN TIRTOMOYO, KABUPATEN WONOGIRI
Abstract
Abstrak
Industri batik mampu meningkatkan pendapatan masyarakat. Di kabupaten Wonogiri terdapat industri batik yang berada di Kecamatan Tirtomoyo. berkembangnya industri perumahan menjadi peluang besar bagi pengrajin batik di Kecamatan Tirtomoyo. Namun yang dihadapi pengrajin batik persaingan industri modern dan pemasaran yang kurang efektif, tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menyusun strategi Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Wonogiri dalam pemberdayaan masyarakat pengrajin batik di Kecamatan Tirtomoyo. teori yang digunakan adalah Analisis SWOT menurut Rangkuti dengan Empat komponen analisis yaitu: Strength, Weakness, Opportunity, dan Threats. Metode yang digunakan yaitu Kualitatif Deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Wonogiri sudah baik, namun masih ada yang harus diperbaiki seperti, peningkatan kualitas pegawai, pembentukan legalitas sentra industri, dan kerja sama antara steakholder, kelompok usaha bersama/ IKM dan Swasta, supaya tujuan pemberdayaan pengrajin batik wonogiren di Kecamatan Titromoyo berjalan dengan efektif dan efisien.
Kata kunci : pemberdayaan masyarakat,Analisis SWOT, pengrajin batik wonogiren