PERSEPSI PELANGGAN SEPERDUA KOPI SOLO TERHADAP KUALITAS PELAYANAN
Abstrak
Seperdua Kopi adalah salah satu coffee shop yang berada di Kota Solo tepatnya di JL. Yos Sudarso No. 233, Kratonan, Serengan. Seperdua Kopi memiliki rasa kopi yang khas hasil dari campuran biji kopi yang berbeda, seperti menu andalan nya “Dailly Latte” yang memiliki karakteristik rasa yang unik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi pelanggan Seperdua Kopi Solo terhadap kualitas pelayanan. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini yakni teori persepsi menurut Dedy Mulyana yang menyatakan bahwa persepsi merupakan proses internal yang memungkinkan kita memilih, mengorganisasikan, dan menafsirkan rangsangan dari lingkungan kita dan proses tersebut mempengaruhi perilaku kita, teori kualitas pelayanan menurut Tjiptono yaitu kualitas pelayanan merupakan jasa atau layanan kepuasan yang ditawarkan untuk dijual. Pelayanan adalah proses yang terdiri atas serangkaian aktivitas intangible yang biasanya terjadi pada interaksi antara konsumen dan karyawan jasa atau sumber daya fisik, barang atau sistem penyedia jasa yang disediakan sebagai solusi atas masalah konsumen. Penelitian ini merupakan deskriptif dengan metode kualitatif . Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa persepsi pelanggan Seperdua Kopi terhadap kualitas pelayanan positif dan baik. Pelanggan merasa puas dengan kemampuan staff dalam mengolah menu minuman atau makanan yang disajikan kepada pelanggan, proses penyajian dan pemesanan menu yang cepat dan tanggap, pelayanan staff yang memberikan sikap ramah, sopan dan santun, kepedulian staff dalam memprioritaskan kebutuhan pelanggan serta kenyamanan yang diberikan staff melalui kebersihan dan suasana tempat.
Kata Kunci: Persepsi, Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Seperdua Kopi