Kualitas Pelayanan Dalam Pembuatan Administrasi Kependudukan Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta Tahun 2024

Penulis

  • Syamsidar Syamsidar Universitas slamet riyadi surakarta
  • Aris Tri Haryanto
  • Wirid Winduro

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana Kualitas Pelayanan Dalam Pembuatan Administrasi Kependudukan Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) wawancara (2) observasi (3) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa Kualitas Pelayanan Dalam Pembuatan Administrasi Kependudukan berdasarkan 5 indikator yang dikemukakan oleh Parasuraman, dkk yaitu dimensi tangible sudah memadai dan sudah memuaskan pemohon. Sedangkan kemudahan dalam mengakses pelayanan masih ada kekurangan yaitu masih banyak masyarakat yang belum mengetahui kalau pelayanan sudah online. Berdasarkan dimensi Responsiveness cukup baik dalam merespon pemohon namun ada beberapa pemohon yang tidak terespon dengan baik di karenakan misskomunikasi antara pegawai dan pemohon, dan juga sarana dan prasana online kurang terespon dengan dengan baik karena masih sering error dan pemohon harus menghubungi pihak pelayanan dinas kependudukan untuk tindak lanjut dan memakan waktu yang cukup lama. Dilihat dari dimensi reliability,dimensi assurance dan dimensi empathy sudah terlaksana baik dan masyarakat sudah merasa puas dengan pelayanan yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta. Peneliti memberikan rekomendasi sebaiknya meningkatkan atau mengupdate prosedur pelayanan online, meningkatkan kualitas aplikasi/ web pendaftaran online supaya tidak sering eror saat dioperasikan masyarakat dan mempromosikan laman web resmi Dispendukcapil Kota Surakarta kepada masyarakat, supaya pelayanan online bisa diterima dan dimengerti proses pelayanan online semua masyarakat.

Kata Kunci: Administrasi kependudukan, Kualitas Pelayanan

 

Diterbitkan

2025-01-23

Cara Mengutip

Syamsidar, S., Tri Haryanto, A., & Winduro, W. (2025). Kualitas Pelayanan Dalam Pembuatan Administrasi Kependudukan Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta Tahun 2024. Solidaritas, 8(2). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/11559

Terbitan

Bagian

Solidaritas: Volume 2 No 3