STRATEGI KOMUNIKASI TERPADU DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KOTA SURAKARTA DALAM MENJAGA KELESTARIAN FOOD TRADITIONAL PADA SOLO INDONESIA CULINARY FESTIVAL

Penulis

  • Guntur Adji Wijaya Unisri
  • Nurnawati Hindra H
  • Haryo Kusumo Aji

Abstrak

Dinas Pariwisata Kota Surakarta mengadakan kegiatan umum untuk mengangkat makanan dan makanan pasar kembali ke Kota Surakarta ini dengan program unggulan yang di beri nama SICF (Solo Indonesia Culinary Festival). Melalui SICF 2023, semua potensi pendukung wisata ikut berkembang. Konsekuensi yang harus dijalankan dalam pelaksanaan SICF 2023 Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Surakarta kesulitan jika menyelenggarakan secara internal sehingga menggandeng stokholder dan mitra. Salah satu kendala dalam penyelenggaraan SICF 2023 adalah dalam hal komunikasi secara terpadu dengan seluruh stokholder penyelenggara. Tujuan penelitian ini  untuk mengetahui strategi perencanaan, implementasi dan evaluasi komunikasi terpadu yang dilakukan Dinas Pariwisata Surakarta dan stokholder dalam menyelenggarakan  SICF (Solo Indonesia Culinary Festival) 2023 sebagai upaya melestraikan makanan tradisional Solo. Dalam proses pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan metode pengumpulan data melalui wawancara terhadap informan. Informan yang dipilih sebanyak 4 orang yang merupakan perwakilan dari Dinas pariwisata, perwakilan Dinas Koperasi dan UMKM , Perwakilan dari Dinas Perindustrian dan Dagang serta perwakilan dari Event Organizer Sinergi Semesta. Data dianalisa dan ditarik kesimpulan secara kualitatif tanpa angka. Validitas data di buktikan dengan interaktif langsung terhadap sumber data (triangulasi sumber). Hasil kesimpulan menunjukan keberhasilan penyelenggaraan SICF 2023 yang bertema Ragam Cita Rasa Kuliner Nusantara dijalankan dengan menerapkan 4 indikator uatama yaitu  Defining the problem (mendefiniiskkan masalah ), Planning and programming (perencanaan dan pelaksanaan atau progaming), Taking action and communicating  (Mengambil tindakan dan berkomunikasi )serta Evaluating the problem (mengavaluasi masalah). SICF 2023 sukses dan berhasil tercapai targetnya kunjungan dan nilai transkaksinya besar.

 

Kata Kunci : Strategi Komunikasi terpadu, SICF, Food Tradisional dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata

Diterbitkan

2025-01-23

Cara Mengutip

Adji Wijaya, G., Hindra H, N., & Kusumo Aji, H. (2025). STRATEGI KOMUNIKASI TERPADU DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KOTA SURAKARTA DALAM MENJAGA KELESTARIAN FOOD TRADITIONAL PADA SOLO INDONESIA CULINARY FESTIVAL. Solidaritas, 8(2). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/11550

Terbitan

Bagian

Artikel