STRATEGI KOMUNIKASI KPU SUKOHARJO DALAM MENGURANGI GOLPUT PEMILU CAPRES CAWAPRES 2024 PADA KALANGAN GEN Z

Penulis

  • Khalish Ariq Muhtaram
  • Herning Suryo Sarjono
  • Haryo Kusumo Aji

Abstrak

Menurut Data KPU menyebutkan tingkat golput pemilu 2014 di Indonesia masih tergolong tinggi, yaitu 49.212.161 (29,1%) dari 176.411.434 pemilih tetap. Rendahnya partisipasi politik masyarakat Indonesia disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya ialah minimnya edukasi pemilu dan juga tingginya angka golput.Berdasarkan data KPU SUKOHARJO menyatakan bahwa partisipasi masyaraat akan pemilu meningkat hingga 80 % dan angka golput sudah menurun sampai di angka 4%, sementara peningkatan tersebut tidak dibarengi dengan penurunan golput dikalangan gen Z Di Kabupaten Sukoharjo yang justru mengalami peningkatan golput sebesar 2,21 % dari tahun 2014 ke 2019 pada kontestasi Pilpres. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisi strategi komunikasi yang di bentuk oleh KPU Sukoharjo dalam rangka mengurangi angka golput pemilu Capres Cawapres 2024 pada kalangan generasi Z. Dalam proses pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan metode pengumpulan data melalui wawancara terhadap informan. Informan yang dipilih sebanyak 3 orang yang merupakan perwakilan dari staf KPU Kabupaten Sukoharjo. Data dianalisa dan ditarik kesimpulan secara kualitatif tanpa angka. Validitas data di buktikan dengan interaktif langsung terhadap sumber data (triangulasi sumber). Hasil kesimpulan menunjukan bahwa Strategi komunikasi yang dilakukan oleh KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Sukoharjo dalam rangka mengurangi angka golput pemilu Capres Cawapres 2024 pada kalangan generasi Gen Z yaitu dilakukan dengan 3 langkah strategi. Yaitu sosialisasi pentingnya pemilu, memaksimalkan penggunaan media sosial yang dimiliki dan mengkaryakan kampanye online (pamflet online dan video edukasi politik). Dimana dari ke-tiga langkah strategis KPU Sukoharjo ini keseluruhannya yang memenuhi terjadinya strategi komunikasi yang baik sebagaimana dikutip menurut Teori komunikasi Harold Lasswell (1948). dimana strategi komunikasi KPU memenuhi ke -5 unsur berupa Who, Says What, In Which Channel, To Whom, With What Effect .

 

Kata Kunci : Strategi Komunikasi, KPU Sukoharjo, PEMILU, Golput  dan GEN Z

Diterbitkan

2025-01-23

Cara Mengutip

Muhtaram, K. A., Suryo Sarjono, H., & Kusumo Aji, H. (2025). STRATEGI KOMUNIKASI KPU SUKOHARJO DALAM MENGURANGI GOLPUT PEMILU CAPRES CAWAPRES 2024 PADA KALANGAN GEN Z. Solidaritas, 8(2). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/11549

Terbitan

Bagian

Artikel